Vaksinasi PMK Fokus di Bengkulu Selatan dan Rejang Lebong

Vaksinasi PMK Fokus di Bengkulu Selatan dan Rejang Lebong

Tim Dinas Peternakan Provinsi Bengkulu dan Distan BS menyediakan ribuan dosis obat PMK untuk penangan ternak yang terpapar beberapa waktu lalu-Rezan Okta Wesa-raselnews.com

RASELNEWS.COM, BENGKULU - Vaksinasi Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) hewan ternak difokuskan dua kabupaten yakni Bengkulu Selatan dan Rejang Lebong. Dua kabupaten ini diketahui memiliki kasus PMK paling tinggi di Provinsi Bengkulu.

Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Dinakeswan) Provinsi Bengkulu, Muhammad Syarkawi mengatakan, saat ini vaksinasi telah menyasar 11.497 hewan ternak di Provinsi Bengkulu.

BACA JUGA:Penanggulangan PMK Bisa Gunakan BTT

"Saat ini fokus pelaksanaan vaksinasi dilakukan di wilayah yang tinggi angka PMK yaitu Kabupaten Bengkulu Selatan (BS) dan Rejang Lebong (RL)," kata Syarkawi.

Dia mengatakan, kasus PMK di Bengkulu Selatan mencapai 2.442 kasus dan yang sudah dinyatakan sembuh sebanyak 1.227 kasus. Sedangkan di Rejang Lebong angka kasusnya mencapai 1.206 kasus dan dinyatakan sembuh sebanyak 1.070 kasus.

BACA JUGA:Virus PMK di Seluma Sudah Menyebar di 7 Desa

"Banyaknya kasus sembuh berkat upaya yang dilakukan pemberian obat - obatan dan perawatan lainnya," kata Syarkawi.

Hingga saat ini terdata 4.428 hewan ternak di Provinsi Bengkulu dinyatakan sembuh dari PMK. Jumlah kasus sembuh hewan ternak yang dinyatakan sembuh mengalami peningkatan dan kasus penambahan mengalami penurunan. "Pengawasan lalu lintas hewan ternak juga terus dilakukan," pungkasnya. (cia)

Sumber: