Virus PMK di Seluma Sudah Menyebar di 7 Desa

Virus PMK di Seluma Sudah Menyebar di 7 Desa

Vaksin PMK. Penyakit mulut dan kuku ini mulai merambah ke Provinsi Bengkulu-Ahmad Fauzan-Sahri Senadi

RASELNEWS.COM, SELUMA - Kasus penyakit mulut dan kuku (PMK) di Kabupaten Seluma semakin menyebar. Sampai saat ini jumlah kasus PMK sudah tercatat sebanyak 505 kasus. Bahkan sudah menyebar ke 7 desa di Kabupaten Seluma. Sehingga Dinas Pertanian masih melakukan penanganan secara ekstra.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Seluma, Arian Sosial mengatakan dari total kasus sebanyak 505 kasus saat ini yang masih sakit sebanyak sebanyak 370 ekor. Kemdudian yang sudah sembuh sebanyak 214 ekor.

Sedangkan yang dipotong paksa sebanyak empat ekor serta mati sebanyak satu ekor. Sedangkan yang mati sebanyak satu ekor. "Petugas bersama tim masih melakukan penanganan serius," tegasnya.

Sementara itu, tujuh desa yang sudah ditemukan virus PMK meliputi Desa Sumber Arum, Riak Siabun I, Air Petai Kecamatan Sukaraja. Kemudian Desa Pagar Agung Kecamatan Seluma Barat, Desa Padang Kelapo, Tedunan, Kecamatan Semidang Alas Maras (SAM), serta Desa Rimbo Kedui Kecamatan Seluma Selatan.

Sedangkan untuk vaksin PMK yang sudah dilaksanakan sebanyak 2.900 dosis. Serta stok vaksin sebanyak 2.900 dosis.
"Untuk stok vaksin saat ini sebanyak 2.900 dosis. Serta ternak sapi yang sudah tervaksin juga sebanyak 2.900 dosis. Jadi vaksin masih kami kejar, untuk menghabiskan stok vaksin yang masih ada," pungkas Arian Sosial. (rwf)

Sumber: