Bengkulu Selatan Bentangkan Bendera Merah Putih Terpanjang: Rekor MURI Gagal, Pelajar Pingsan

Bengkulu Selatan Bentangkan Bendera Merah Putih Terpanjang: Rekor MURI Gagal, Pelajar Pingsan

MERIAH: Prosesi pembentangan bendera merah putih terpanjang di Bengkulu Selatan, Rabu (24/8) pagi-rezan okto wesa-raselnews.com

BENGKULU SELATAN, RASELNEWS.COM - Bendera sepanjang 4.269 meter dengan lebar 2 meter, Rabu, 24 Agustus 2022, berhasil dibentangkan secara serentak di Kabupaten Bengkulu Selatan (BS).

Meski rekor ini tidak tercatat dalam rekor Musium Rekor Indonesia (MURI), tetap saja menjadi catatan tersendiri yang belum pernah dilakukan di wilayah manapun sebelumnya.

Pembentangan bendera terpanjang ini dilakukan melibatkan berbagai lapisan masyarakat. Mulai dari pelajar, TNI/Polri, perguruan silat dan kalangan pemuda.

BACA JUGA:Rekor Muri Bendera Terpanjang di Bengkulu Selatan Terancam Batal, Bendera Tetap Dibentang

Bendera dibentangkan dan diarak bersama sepanjang jalan Affan Bachsin-Jalan Datuk Nazir-Jalan Jenderal Sudirman melintasi kantor DPRD BS-simpang Tugu Adipura- Ibul-Simpang Raswi-Jalan Kolonel Berlian Kelurahan Kota Medan-depan Pengadilan Negeri Manna-kembali ke Lapangan Sekundang Setungguan Manna.

Jarak tempuh mengarak bendera yang cukup jauh membuat beberapa pelajar yang ikut serta terpantau pingsan karena cuaca panas dan keletihan. Tim kesehatan yang disiapkan pun terlihat sibuk membantu pelajar yang pingsan.

Pembentangan bendera terpanjang yang diinisiasi Komunitas Pemuda Kreatif (KPK) ini menarik perhatian masyarakat yang menyaksikan di sepanjang jalan yang dilintasi. Apalagi aksi drumband juga menyita kekaguman masyarakat.

BACA JUGA:Bengkulu akan Pecahkan Rekor MURI

Sekda BS Sukarni, S.P, M.Si yang melepas peserta pembentangan bendera terpanjang ini mengaku bangga dengan capaian yang dilakukan. Dia berharap pembentangan bendera ini bisa memberi motivasi bagi masyarakat BS agar semakin mencintai tanah air serta membanggakan produk dalam negeri.

“Kami bangga atas terlaksananya acara ini. Kepada Komunitas Pemuda Kreatif selaku inisiator kegiatan, kami ucapkan terima kasih dan apresiasi. Kegiatan seperti inilah yang harus dilakukan demi memajukan daerah,” ujar Sukarni ketika melepas tim pembentang bendera terpanjang tersebut.

Bagi Sukarni, pembentangan bendera merah putih terpanjang tak hanya sebatas euforia atau menjadi sebuah kebanggan. Namun makna kegiatan ini bisa menjadikan BS lebih dikenal di kancah nasional. Sebab BS andil besar dalam memeriahkan rangkaian HUT ke-77 Kemerdekaan RI.

BACA JUGA:Pemkab Bengkulu Selatan Bagikan 3000 Lembar Bendera

“Generasi muda BS yang berada di luar daerah bangga dengan kegiatan ini. Harapan kami, ide cemerlang seperti ini selalu dilaksanakan dan bisa membantu pemerintah daerah membangun daerah tercinta ini,” katanya.

Sementara itu, Ketua KPK BS Siharman mengaku rencana awalnya pembentangan bendera terpanjang ini akan didaftarkan pada rekor MURI. Namun keterbatasan biaya membuat rencana tersebut kandas.

“BS pecah rekor, kita mampu membentangkan bendera merah putih terpanjang bukan hanya di Indonesia tapi sedunia,” klaim Siharman.

Ia menyebut, perlu proses penjang untuk menyiapkan bendera sepanjang 4.269 meter tersebut. Pihaknya melibatkan delapan penjahit profesional dengan memakan waktu hingga dua pekan.

BACA JUGA:Pengibaran Bendera Satu Bulan Penuh, Dimulai 1 Agustus

“Bentangan bendera ini ada sebelas bagian. Bagian pertama sepanjang 1945 meter, lalu 77 meter, 17 meter, 8 meter, 4 meter, 54 meter, 2022 meter, 72 meter, 45 meter, kemudian ada lagi bagian terakhir 17 dan 8 meter,” bebernya.

Panjang bendera melambangkan tanggal, bulan dan tahun kemerdekaan RI (17-08-1945) dan HUT ke 77 di tahun 2022. “Sayang sekali rekor ini tidak tercatat MURI karena keterbatasan anggaran,” tutur Siharman. 

Sumber: