Kaur Tak Akan Bebas dari Pemadaman Listrik, Nih Penyebab Utamanya

Kaur Tak Akan Bebas dari Pemadaman Listrik, Nih Penyebab Utamanya

ilustrasi listrik mati yang kerap terjadi di Kabupaten Kaur-dok-raselnews.com

KAUR, RASELNEWS.COM - Pemadaman listrik tak terjadwal di Kabupaten Kaur akan terus terjadi. Penyebabnya tak lain tanam tumbuh masyarakat.

Pasalnya, 80 persen penyebab listrik padam dikarenakan adanya tanam tumbuh seperti ranting atau pohon yang menempel pada jaringan listrik.

“Untuk penyebab utama gangguan listrik ini karena tanam tumbuh. Petugas kami terus melakukan pemangkasan pohon yang berjarak 2-5 meter dari kabel jaringan. Tapi masih ada saja tanam tumbuh yang mengganggu jaringan,” kata General Manager (GM) Unit Layanan Pelanggan (ULP) PLN Bintuhan Kabupaten Kaur, A. Shandy Rambang.

BACA JUGA:BREAKING NEWS: Kantor PLN Kaur Digeruduk Warga

Dikatakan Shandy, tingkat kesadaran masyarakat untuk melakukan pemangkasan pohon yang berada di bawah jaringan listrik masih sangat rendah.

Selain itu, kadang pemilik pohon tidak mengizinkan petugas PLN memangkas tanam tumbuh yang berada dekat kabel jaringan dan berpotensi mengganggu aliran listrik.  

"Padahal kami selalu menempuh jalan persuasif dengan warga pemilik pohon dengan memberikan pengertian, tapi masih ada warga yang tidak mengizinkan pohon miliknya di pangkas oleh petugas,” terangnya.

BACA JUGA:Listrik Sering Padam, Bupati Datangi PLN

Dijelaskan Shandy ada dua jenis pemadaman listrik, yakni pemadaman terencana dan tidak rencana.

Pemadaman terencana dilakukan saat pemeliharaan trafo. Dalam hal ini, pihak PLN sudah mengeluarkan pemberitahuan kepada pelanggan.

Sedangkan gangguan tidak terencana disebabkan gangguan jaringan akibat tanam tumbuh atau karena bencana alam. (jul)

Sumber: pln kaur