Bunda Literasi Kabupaten Bengkulu Selatan Dikukuhkan

Bunda Literasi Kabupaten Bengkulu Selatan Dikukuhkan

KUKUHKAN : Ny.Nurmalena Gusnan dikukuhkan sebagai bunda literasi Kabupaten BS oleh Ketua TP PKK Provinsi Bengkulu Ny Derta Wahyulin. Foto diambil usai pengukuhan di Ballroom Mercure Hotel Bengkulu, Senin (5/9)-IST-raselnews.com

BENGKULU SELATAN, RASELNEWS.COM - Ketua TP PKK Kabupaten Bengkulu Selatan, Ny Nurmalena Gusnan dikukuhkan sebagai duta literasi Kabupaten bengkulu Selatan.

Pengukuhan ini merupakan upaya mempercepat budaya membaca di kalangan masyarakat, terutama generasi muda dan anak-anak disetiap daerah termasuk di Kabupaten Bengkulu Selatan.

Pengukuhan digelar di Ballroom Mercure Hotel Bengkulu dibuka  Gubernur Bengkulu Drh. H Rohidin Mersyah, M.M.A, Senin 5 September 2022.

Dalam arahanya, Gubernur Bengkulu H Rohidin Mersyah, menyampaikan, penguatan budaya literasi harus menjadi skala prioritas dalam rangka mewujudkan visi dan misi Provinsi Bengkulu yang sejahtera dan hebat. Peran perpustakaan juga menjadi sangat penting dalam mengembangkan literasi masyarakat.

BACA JUGA:Perpustakaan Kembangkan Program Koleksi Digital

Perpustakaan yang didirikan disetiap daerah bukan hanya suatu tempat untuk menyimpan buku-buku saja. Melainkan juga sebagai ruang publik untuk penunjang peningkatan pengetahuan melalui literasi.

"Peran dan fungsi para bunda literasi diharapkan akan mampu bersinergi dengan para penggiat literasi, terutama dalam melaksanakan program-program yang menunjang budaya membaca. Pengukuhan bunda literasi juga diharapkan mampu meningkatkan minat dan budaya membaca di kalangan masyarakat, terutama generasi muda dan anak-anak," terangnya.

BACA JUGA:Gerakan Literasi Sekolah Dorong Semangat Belajar Siswa

Terpisah, Ny.Nurmalena Gusnan yang baru dikukuhkan sebagai Bunda Literasi Kabupaten BS priode 2022-2024 menyebutkan, dalam konteks penyelenggaraan pemerintahan, bahwa indikator keberhasilan pembangunan salah satunya adalah ditentukan oleh seberapa besar capaian indeks pembangunan manusia (IPM). Oleh sebab itu, dalam rangka mengakselerasi peningkatan IPM tersebut salah satunya dengan pelaksanaan program peningkatan minat, gemar dan budaya baca melalui literasi.

"Kami siap mengembangkan dunia literasi di kalangan masyarakat dan para generasi muda di Kabupaten BS. Pengembangan literasi ini akan dilakukan secara komprehensif atau dilakukan secara massif, sistemik dan terstruktur," demikian Nurmalena.

Sumber: bunda literasi bengkulu selatan nurmalena gusnan