Penanggulangan Banjir, Ini Instruksi Gubernur

Penanggulangan Banjir, Ini Instruksi Gubernur

BANJIR : Jalan lintas di Desa Padang Pelasan Kabupaten Seluma yang banjir beberapa waktu lalu-DOK-raselnews.com

BENGKULU, RASELNEWS.COM - Gubernur Bengkulu memberikan sejumlah intruksi penanggulangan bencana banjir di Provinsi Bengkulu, khususnya di Kota Bengkulu.

Hal ini diungkapkan Gubernur saat membuka acara diskusi bersama penanggulangan banjir di Bengkulu bersama Walikota, Kepala OPD dan intstansi terkait, Selasa 13 September 2022.

Intruksi adalah pertama, pemerintah daerah harus fokus membangun drainase pemukiman dan perkotaan. Kedua, pengelolaan sampah terkait dengan Tempat Pembuangan Sampah (TS), armasa pengangkut dan pemindahan sampah tinja di belakang Gedung Olahraga (GOR) di Kota Bengkulu.

"Itu sangat bau dan kota harus bertanggungjawab soal itu," kata Gubernur.

BACA JUGA:Siapkan 15 Ton Beras untuk Korban Banjir

Intruksi ketiga, melakukan upaya reboisasi dan penanaman pohon. Selain itu juga dilakukan pengerikan badan sungai. Rohidin menyebut, peran masyatakat dalam mengambil manfaat dari limbahan bekas tambang dapat dilegalkan bia dirasa membantu masyarakat. Sehingga dalam jangka panjang masyarakat bisa mendapatkan manfaatnya.

Terakhir, pembangunan kolam retensi tanggul, yang akan dibangun pemerintab pusat. Menurut Gubernur, perencanannya sudah dilakukan, tinggal lagi kebutuhan lahannya.

BACA JUGA:Ini Kerugian Banjir di Kabupaten Bengkulu Selatan

"Lahannya ada di Kota, tolong sediakan. Karena kalau lahan tidak tersedia membangun tidak bisa," kata Rohidin.

Ketua Komisi I DPRD Provinsi Bengkulu, Dempo Exler mengatakan, untuk kondisi sungai Bengkulu, harus dilakukan pengerukan. Namun pengerukan itu membutuhkan anggaran dan harus disediakan.

"Pembersihan sungai untuk dianggarkan, sehingga tidak ada hambatan air mengalir," kata Dempo. (cia)

Sumber: gubernur bengkulu