Pilkades Sinar Pagi Terancam Molor, 4 Orang Panitia Mundur

Pilkades Sinar Pagi Terancam Molor, 4 Orang Panitia Mundur

PANGGIL: Camat Kaur Selatan memanggil empat panitia Pilkades Sinar Pagi yang mengundurkan diri, Senin 24 Oktober 2022-julianto-raselnews.com

KAUR, RASELNEWS.COM - Pelaksanan pemilihan kepala desa (Pilkades) pergantian antar waktu (PAW) di Desa Sinar Pagi Kecamatan Kaur Selatan Kabupaten Kaur Provinsi Bengkulu, terancam molor.

Pasalnya 4 orang anggota panitia Pilkades komapk mengajukan pengunduran diri, Senin 24 Oktober 2022.

Hal itu lantaran adanya ketidaksinkronan di tingkat desa. Para panitia ini beralasan tidak nyaman dalam bekerja.

Untuk menyelesaikan persoalan tersebut, Camat Kaur Selatan memanggil panitia Pilkades dan pemerintah desa setempat.

Bila panitia Pilkades kompak mundur, bisa dipastikan Pilkades akan molor. Bahkan terancam batal karena harus dijadwalkan ulang. Padahal pendaftaran sudah ditutup dan sudah ada 6 pendaftar yang akan bersaing pada Pilkades Sinar Pagi.

Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kaur juga berencana memangil Panitia Pilkades Sinar Pagi yang mengundurkan diri, hari ini (25/10). Pemanggilan juga untuk mencari solusi agar pelaksanaan pilkades PAW tersebut dapat tetap terlaksana sesuai jadwal.

BACA JUGA:Tahun Depan, 15 Desa Gelar Pilkades

"Dari 5 panitia pilkades Sinar Pagi, 4 orang menyatakan mengundurkan diri. Alasannya karena tidak nyaman dalam bekerja," beber Camat Kaur Selatan, Rendara Agung S.STP kepada Raselnews.com, Senin (24/10).

Sayangnya, Ketua Panitia Pilkades Sinar Pagi, Dony Marzian, S.Sos, MM enggan memberikan keterangan kepada wartawan usai mengikuti rapat di Kantor Camat Kaur Selatan. Ia bersama tiga rekannya yang mengundurkan diri, memilih bungkam.

"Konfirmasi saja dengan BPD. Takut salah jawab," singkatnya saat dikonfirmasi Raselnews.com via pesan Whatsapp.

Sebelumnya, Pilkades Sinar Pagi akan digelar untuk mencari pengganti Kades sebelumnya yang meninggal dunia.

Bahkan panitia Pilkades sudah menerima 6 pendaftar bakal calon yang akan mengikuti pilkades Sinar Pagi.

Berdasarkan Perbub tentang Pilkades PAW, dari 6 pendaftar panitia diberikan kesempatan melakukan penilaian yang nantinya akan menentukan tiga nama untuk dibawa ke dalam musyawarah desa (Musdes). Seleksi dapat melihat pengalaman pendidikan dan kecakapan lainnya. (jul)
 

Sumber: camat kaur selatan kabupaten kaur