PDAM Tirta Manna, Jaringan Terus Dibangun, Produksi Air?

PDAM Tirta Manna, Jaringan Terus Dibangun, Produksi Air?

Ketua DPRD Bengkulu Selatan, Barli Halim-DOK-raselnews.com

BENGKULU SELATAN, RASELNEWS.COM - Hampir dipastikan tahun depan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Manna akan membangun pengembangan jaringan perpipaan menuju Dusun Selipi Kecamatan Pino Raya.

Kepastian ini sesuai pernyataan Ketua DPRD Bengkulu Selatan, Barli Halim, SE yang menyebut anggaran pengembangan jaringan perpipaan PDAM Tirta Manna akan diakomodir di APBD tahun 2023.

“Ya, tahun depan ada anggaran untuk pengembangan jaringan PDAM ke wilayah Pino Raya, kemungkinan sampai ke Desa Padang Serasan. Alokasi anggarannya sudah dibahas di RAPBD 2023,” kata Barli.

Dikatakan Barli, pengalokasian anggaran untuk pengembangan jaringan PDAM merupakan bentuk dukungan Pemda kepada BUMD tersebut. Dan juga sebagai bentuk realisasi aspirasi masyarakat yang disampaikan ke DPRD terkait permintaan sumber air bersih.

BACA JUGA:PDAM Tirta Manna Dapat Suntikan Dana Segar Rp500 Juta

“Dengan bertambah luasnya jaringan, tentu PDAM akan semakin berkembang, karena jumlah pelanggan bertambah. Begitu juga masyarakat akan terbantu dengan adanya distribusi air bersih yang bisa memenuhi kebutuhan, khususnya saat musim kemarau,” tukas Barli.

Dengan diperluasnya jaringan, produksi air bersih juga harus ditingkatkan. Jika hanya mengandalkan produksi air bersih dengan volume seperti yang dihasilkan saat ini, dikhawatirkan jaringan yang baru dibangun nantinya tidak dapat dialiri.

Karena saat ini saja pelanggan yang berada di Kota Manna belum semuanya bisa mendapatkan air bersih dari PDAM Tirta Manna. Contohnya pelanggan yang berada di kawasan Gunung Tiga Kelurahan Gunung Ayu Kecamatan Kota Manna.

Setiap kran dibuka yang keluar hanya angin. Beberapa pelanggan sudah mengajukan pemutusan sambungan, karena kecewa tidak mendapat air. (yoh)

Sumber: ketua dprd bengkulu selatan