Kawanan Burung Buat Petani Kaur Takut dan Cemas

Kawanan Burung Buat Petani Kaur Takut dan Cemas

BURUNG : Tanaman padi di ataran sawah di Desa Gedung Sako Kecamatan Kaur Selatan diserang burung-julianto-raselnews.com

KAUR, RASELNEWS.COM - Kawanan burung pipit yang berjumlah puluhan ribu ekor membuat petani padi di hamparan Senehak Desa Gedung Sako Kecamatan Kaur Selatan Kabupaten Kaur takut dan cemas.

Para petani ini takut dan cemas gagal panen. Lantaran puluhan ribu ekor burung pipit itu menyerang buah tanaman padi petani.

Para petani kesulitan cara membasmi kawanan burung pipit itu. Upaya yang dilakukan dengan memasang orang orangan sawah dan alat lainnya dengan tujuan untuk menakut nakuti kawanan pipit itu.

Namun upaya yang dilakukan tidak membuat burung pipit pergi. Justru setiap hari jumlah kawanan pipit menyerang buah padi petani terus bertambah.

“Hama burung ini benar-benar membuat kami kewalahan. Karena kami usir di sini, burungnya terbang ke tempat lain dan kembali lagi,” keluh Rendi (39), salah seorang petani Desa Gedung Sako, Jumat (11/10).

BACA JUGA:Bupati Kaur Ajak Petani Kembangkan Talas Beneng

Dia menjelaskan, kawanan burung pipit yang menyerang buah padi petani julahnya puluhan ribuan ekor.

petani mengaku mengendalikan hama pipit ini jauh lebih sulit daripada mengendalikan hama ulat, keong atau tikus. Karena pembasmian bisa dilakukan dengan menyemprotkan insektisida atau menabur racun untuk hama tikus.

Biasanya kawanan burung pipit ini datang pagi hingga pukul 10.00 WIB siang. Kemudian pergi dan kembali lagi sekitar pukul 15.00 WIB hingga matahari tenggelam.

“Untuk mengusir hama burung pipit ini kami membuat orang-orangan yang dipasangkan terangkai, tapi kadang tidak lagi membuat burung takut. Kami berharap ada solusi dari pemerintah mengatasi hama burung pipit ini,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian (Dispertan) Kaur Lianto, SP mengaku, pihaknya sudah mendapat laporan terkait serangan hama burung pipit itu. Dia akan meminta Petugas Lapangan (PL) mendatangi sawah warga dan mencarikan solusi bersama petani.

Salah satu cara ampuh yang dengan menjaring burung atau meracuni burung. "Nanti kita minta PL mencarikan solusinya bersama petani, memang hama burung sulit dibasmi namun bukan berarti tidak bisa," tutupnya. (jul)

Sumber: petani padi