3 Penyebab Rehab Traffic Light di Bengkulu Selatan Sulit Terealisasi

3 Penyebab Rehab Traffic Light di Bengkulu Selatan Sulit Terealisasi

ilustrasi traffic light-DOK-raselnews.com

BENGKULU SELATAN, RASELNEWS.COM – Rehab ulang lima titik traffic light (TL) yang rusak di Kota Manna Kabupaten Bengkulu Selatan (BS) sulit terealisasi di tahun 2023.

Padahal tidak banyak traffic light di Bengkulu Selatan. Yakni simpang M. Taha, simpang Raswi, simpang Rukis, Simpang Disdikbud BS dan simpang depan Kantor DPRD BS.

Namun, rehab tidak bisa dilakukan. Hal ini lantaran proposal usulan yang diajukan Dinas Perhubungan (Dishub) Bengkulu Selatan belum direspon Kemenhub RI.

BACA JUGA:Ibu di Kaur Melahirkan di Jalan, 2 Jam Kemudian Bayi Meninggal Dunia

Padahal, kelima titik traffic light tersebut sangat diperlukan untuk mendukung ketertiban lalu lintas dan menekan angka kecelakaan di jalan raya.

Kepala Dishub BS, Alian, S.H mengaku pihaknya telah mengunjungi langsung Kemenhub RI untuk memastikan usulan tersebut terealisasi.

Namun, setelah dibahas dan ditelaah oleh Kemenhub RI  nyatanya proposal rehab TL di BS belum bisa diakomodir.

BACA JUGA:Jalan Nasional Lintas Barat Bengkulu-Lampung Kembali Normal

Kemenhub RI belum dapat menggelontorkan dana rehab senilai Rp 2 miliar lebih tahun anggaran 2023 mendatang.

“Proposalnya sudah mereka baca dan terima, tapi responnya untuk menggelontorkan bantuan belum ada,” ujar Alian.

Menurut Alian, kurangnya respon Kemenhub RI terhadap pembangunan TL di BS lantaran beberapa faktor.

BACA JUGA:6 Instansi Rekrut CPNS Lulusan SMA di Tahun 2023

Mulai dari jumlah kendaraan yang melintas di perkotaan, kepadatan penduduk, serta sektor lalu lintas lebih dari tiga arah. Dari penilaian sementara Kemenhub RI, BS masih aman dari kemacetan.

“Mereka (Kemenhub) bilang masih ada prioritas yang lebih penting. Namun, kalau nanti ada anggaran yang tersedia, kemungkinan ada dipikirkan pada tahun 2024,” bebernya.

Meski usulan ke pusat belum bisa dipastikan realisasinya, Alian mengaku pihaknya akan kembali menyusun proposal rehab traffic light untuk diajukan ke Pimpinan Daerah Bengkulu Selatan.

BACA JUGA:KPU Kaur Segera Rekrut PPK dan PPS Pemilu 2024

Meski belum semua titik traffic light dapat direhab setidaknya ada satu titik saja yang aktif dan dapat menunjang ketertiban berlalu lintas masyarakat.

“Tinggal lagi ke Pimpinan Daerah, kalau nanti disetujui maka bisa direhab tahun depan. Karena ini betul-betul penting, sebab setiap tahun kendaraan di Bengkulu Selatan bertambah dan kawasan kota semakin berkembang,” pungkasnya. (rzn)






Sumber: