Angin Kencang Melanda, Warga Mulai Khawatir

Angin Kencang Melanda, Warga Mulai Khawatir

ANGIN : Angin kencang melanda Bengkulu belakangan ini-DOK-raselnews.com

BENGKULU SELATAN, RASELNEWS.COM - Dua hari terakhir angin kencang bertiup melanda wilayah Kabupaten Bengkulu Selatan.

Kondisi ini membuat sejumlah warga khawatir. Masyarakat khawatir angin kencang ini dapat memicu terjadinya bencana. Seperti pohon tumbang, jaringan listrik roboh dan bencana lainnya.

Derasnya tiupan angin, membuat atap rumah warga bergetar. Kemudian sejumlah nelayan di Bengkulu Selatan tidak berani melaut. Karena khawatir terjadi badai saat berada di tengah laut.

BACA JUGA:Cuaca Buruk, Pohon Tumbang dan Mobil Hantam Cadas

Walaupun angin bertiup kencang, tetapi tidak menyebabkan hujan. Walaupun cuaca mendung, dan terjadi gumpalan awan hitam dibeberapa titik, tetapi tidak hujan.

Kondisi cuaca dan iklim ekstrim ini sudah mendapat perhatian dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bengkulu Selatan. Petugas terus menggelar sosialisasi kepada masyarakat agar meningkatkan kewaspadaan.

Sasaran kegiatan sosialisasi  dan simulasi penanganan evakuasi korban bencana adalah masyarakat yang berada di titik rawan bencana. Dan di wilayah perkantoran lingkungan Pemkab Bengkulu Selatan.

BACA JUGA:Cuaca Ektrem, Waspada Banjir, dan Longsor

“Dari masyarakat hingga ke kantor-kantor pemerintahan, semua disosialisasikan,” terang Plt Kepala BPBD BS, Rasyidi MSi.

Dikatakan Rasyidi, dalam kegiatan tersebut pihaknya menjelaskan dan memperagakan bagaimana cara terbaik untuk menyelamatkan diri jika terjadi benca alam seperti gempa bumi, tsunami. Bencana alam bukanlah suatu hal yang ditakuti, sebab mau tidak mau bencana pasti terjadi dilingkungan kita.

“Namun kesiapsiagaan dan pengetahuan masyarakat dalam proses evakuasi dan penyelamatan diri itu merupakan hal utama,” terangnya. (one)

Sumber: bpbd bengkulu selatan