Daftar Tunggu Haji di Kabupaten Seluma Capai 18 Tahun

Daftar Tunggu Haji di Kabupaten Seluma Capai 18 Tahun

Calon jemaah haji konsultasi mengenai jadwal keberangkatan ke Kantor Kemenag Bengkulu Selatan beberapa waktu lalu-DOK-raselnews.com

SELUMA, RASELNEWS.COM - Para jemaah calon haji di Kabupaten Seluma Provinsi Bengkulu yang baru mendaftar tahun ini harap bersabar menunggu pemberangkatan. Berdasarkan data yang ada di Kantor kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Seluma, daftar tunggu sudah panjang. Mereka yang mendaftar tahun ini harus menunggu 18 tahun ke depan baru bisa diberangkatkan.

Panjangnya daftar pemberangkatan haji di Kabupaten Seluma ini bisa dijadikan patokan kalau perekonomian masyarakat di daerah itu sebagian besar sudah mampu. Terbukti mereka mampu membayar biaya pendaftaran haji yang notabanenya tidak sedikit.

BACA JUGA:Daftar Haji Hari Ini, Berangkat 48 Tahun Lagi: 20 CJH Bengkulu Selatan Terancam Batal Berangkat

Panjangnya daftar tunggu pemberangkatan haji ini membuat para calon jemaah lanjut usia khawatir tidak bisa lagi menunaikan ibadah haji. Apalagi mereka yang sudah menderita sakit sakitan.

Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Seluma H. Heriansyah mengatakan jumlah pendaftar ibadah haji di Seluma sebanyak 2.785 orang. Dengan kuota haji yang biasanya diterima Seluma, daftar tunggu haji mencapai 18 tahun.

Artinya, yang baru mendaftar tahun ini harus menunggu selama 18 tahun lagi untuk dapat diberangkatkan. "Untuk jumlah pendaftar CJH Seluma sampai tahun ini sudah 2.785 CJH. Karena untuk pendaftaran CJH ini tidak pernah ditutup. Sehingga kapan saja masyarakat Seluma dibolehkan mendaftar asalkan persyaratan lengkap," ujar Heriansyah.

BACA JUGA:Umrah dan Haji 2023 Dipermudah, Syarat Mahram Jemaah Haji Perempuan Dihapus

Meskipun kuota haji 2023 belum dipastikan, Heriansyah optimis tahun ini pemberangkatan haji sudah kembali normal. Tahun 2022 ini, kuota haji Seluma sebanyak 170 orang. "Kami selalu mengusulkan tambahan kuota setiap tahunnya. Termasuk tahun depan agar waktu daftar tunggu bisa berkurang," pungkas Heriansyah. (rwf)

Sumber: kepala kemenag seluma