Sudah Jadi Besi Tua, Kendaraan Dinas di Lingkungan Pemda Bengkulu Selatan Akan Dilelang

Sudah Jadi Besi Tua, Kendaraan Dinas di Lingkungan Pemda Bengkulu Selatan Akan Dilelang

ASET : Tampak kondisi aset kendaraan dinas yang sudah rusak berat dan akan dilelang dengan cara “dikiloi” alias ditimbang-wawan suryadi-raselnews.com

BENGKULU SELATAN, RASELNEWS.COM - Pemerintah Kabupaten Bengkulu Selatan akan melelang sejumlah kendaraan dinas yang sudah rusak berat. Baik kendaraan roda empat maupun kendaraan roda dua.

Selain untuk mendatangkan pendapatan daerah, lelang bertujuan agar aset daerah itu bisa dihapuskan agar tidak menjadi temuan Badan Pemeriksa Keuangan. Karena sejumlah kendaraan dinas itu sudah rusak berat, statusnya lelang barang rongsoan atau dengan cara ditimbang.

BACA JUGA:Astaga....Tunggakan Pajak Kendaraan Dinas di Pemkab Seluma Capai Rp2 Miliar

Kabid Aset BPKAD Bengkulu Selatan, Aidin Khairo SH menjelaskan, kendaraan dinas yang akan dilelang adalah yang sudah rusak berat dan tidak mungkin lagi diperbaiki. Tetapi untuk melelang kendaraan bekas itu dibutuhkan timbangan khusus, sementara BPKAD BS belum memiliki timbangan itu. Untuk menyewa kepada pihak lain, anggaran untuk sewa timbangan tidak tersedia.

BACA JUGA:6 Kendaraan Dinas di Seluma Dikandangkan, Kondisi Rusak Berat

"Selain untuk menambah pendapatan daerah, lelang ini sebagau upaya untuk penghapusan aset kendaraan dinas yang sudah rusak berat," kata Aidin Khairo. Dijelaskan Aidin, walaupun sebelumnya sudah dilakukan pendataan, tetapi akan dilakukan pendataan ulang aset aset yang akan dilelang. Tujuannya agar tidak ada lagi yang tercecer.

Untuk menentukan taksiran harga dengan cara berkoordinasi dengan pihak KPKNL. "Rerata aset randis yang akan dilelang sudah rusak berat hingga tidak bisa digunakan lagi, bahkan nilai asetnya sudah berkurang, namun karena kendaraan-kendaraan ini masih tercatat dalam Kartu Inventaris Aset (KIB) maka akan diusulkan untuk dihapus," pungkasnya.

BACA JUGA:Kendaraan Dinas Pun “Enggan” Uji KIR

Saat ini kendaraan dinas bekas yang akan dilelang itu sebagian sudah berada di BPKAD Bengkulu Selatan, sebagian lagi masih di dinas lain. Rencananya sebelum dilelang kendaraan yang sudah menjadi besi tua itu akan dikumpulkan terlebih dahulu. Tujuannya untuk memudahkan proses lelang. (one)

Sumber: kabid aset bpkad bengkulu selatan