BLT Anak Usia 0-6 Tahun, Ingin Dapat? Penuhi Syarat Ini, Pemerintah Siapkan Dana Bansos Rp470 Triliun

BLT Anak Usia 0-6 Tahun, Ingin Dapat? Penuhi Syarat Ini, Pemerintah Siapkan Dana Bansos Rp470 Triliun

ilustrasi bansos-istimewa-sumeks.disway.id

BENGKULU SELATAN, RASELNEWS.COM - Pemerintah akan mencairkan dana Bantuan Sosial (Bansos) PKH dan BPNT sebesar Rp470 triliun tahun 2023. Anggaran bansos itu akan menjadi jaringan pengaman sosial bagi kelompok masyarakat rentan.

Dari total anggaran bansos Rp470 triliun itu ada di dalamnya anggara Bantuan langsung Tunai (BLT) anak usia 0-6 tahun yang disalurkan melalui Program keluarga Harapan (PKH) dengan besaran bantuan Rp3 juta per tahun. Penyalurannya dilakukan bertahap. Setahun ada 4 tahap pencairan, setiap tahap dicairkan Rp750.000.

BACA JUGA:Ternyata, Program BPNT, BSM, PKH di Kaur Belum Berdampak, Kemiskinan Kaur di Atas Rerata Provinsi Bengkulu

Kepastian program BLT anak usia 0-6 tahun ini disampaikan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dalam Outlook Perekonomian Indonesia 2023. Bansos Program Keluarga Harapan (PKH) dan Pangan Non-Tunai (BPNT) dijanjikan pemerintah mulai cair bulan Januari 2023 ini.

“Tahun ini bansos kita mencapai Rp470 triliun. Itu untuk menjaga daya beli masyarakat dan memberikan jaring pengaman sosial, terutama kepada kelompok rentan,” kata Sri Mulyani, dikutip laman resmi Kemenkeu.

Selain PKH kategori balita usia 0-6 tahun dengan besaran bantuan Rp3 juta per tahun atau Rp750.000 per tahap. Ada juga anggaran PKH untuk ibu hamil.

BACA JUGA:Ingat, Pemerintah Sudah Siapkan Dana Rp470 Triliun untuk Bansos, Segera Lengkapi Syarat Ini

Besarannya bantuan juga sama yakni Rp3 juta per tahun atau Rp750.000 per tahap. Kemudian kategori lansia umur di atas 60 tahun dengan besaran bantuan Rp2,4 juta per tahun atau Rp600.000 per tahap.

Kemudian kategori penyandang disabilitas juga mendapat bantuan dengan besaran Rp2,4 juta per tahun atau Rp600.000 per tahap. Pemerintah juga menyiapkan anggaran PKH untuk kategori pelajar SD, SMP dan SMA.

Untuk mendapatkan bansos PKH dan BPNT itu, ada tahapan yang harus dilalui. Pertama cek dulu anda termasuk dalam penerima bantuan tersebut atau tidak. Untuk mengeceknya silahkan login ke akun cekbansos.kemensos.go.id.

Kemudian cek daftar penerima yang terdaftar di akun tersebut. Jika nama yang anda cek tidak muncul, kemungkinan belum terdata dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial, kemungkinan mendapatkan bantuan BPNT atau PKH sangat kecil.

BACA JUGA:Kemensos Siapkan Bansos Yatim Piatu Rp200 ribu, Bulan Ini Cair

Solusinya anda bisa lakukan pendaftaran DTKS terlebih dahulu hanya dengan menggunakan KK dan KTP. Pendaftaran DTKS dapat dilakukan secara online melalui aplikasi cek bansos dan offline melalui ketua RT/RW atau ke Balai Desa/Kelurahan setempat

Secara resmi pemerintah belum menyampaikan informasi kapan jadwal pencairan BPNT dan PKH, namun hampirdipastikan pencairnnya di bulan Januari 2023.

BACA JUGA:Pemkab Kaur Siapkan Bansos Inflasi

Masyarakat yang sudah terdaftar sebagai penerima bansos PKH dan BPNT di cekbansos.kemensos.go.id. tetap harus memenuhi 5 syarat ini. Meliputi warga negara Indonesia, memiliki e-KTP, bukan anggota TNI, Polri, atau ASN, telah melakukan daftar DTKS dan bansos kemensos via aplikasi cek bansos untuk online dan balai kelurahan untuk offline.


Sti Mulyani menjelaskan, sejumlah faktor yang menjadi perhatian utama pemerintah dalam menyalurkan bansos adalah konsumsi, investasi, kebijakan, hingga insentif guna meningkatkan daya saing ekspor dalam negeri. Selain itu, kemampuan untuk menarik investasi serta pengeluaran pemerintah yang lebih produktif. (**)

Sumber: berbagai sumber