Potensi Pemilih Pemilu 2024 di Bengkulu Capai 86.524 Jiwa

Potensi Pemilih Pemilu 2024 di Bengkulu Capai 86.524 Jiwa

Kepala Dinas Dukcapil Provinsi Bengkulu, Diah Irianti menyampaikan keterangan-lisa rosari-raselnews.com

BENGKULU, RASELNEWS.COM - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Provinsi BENGKULU, mencatat target sasaran perekaman data penduduk potensial pemilih pemilu (DP4) pada pemilu 2024 sebanyak 86.524 jiwa.

BACA JUGA:KPU dan Bawaslu Siapkan Santunan Badan Adhoc Pemilu 2024, Luka Sedang Saja Dapat Bantuan

DP4 tersebut masuk sebagai acuan pemilih pemula pada Pemilu 2024 mendatang. Sehingga seluruhnya harus mulai melakukan perekaman Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP).

Kepala Dinas Dukcapil Provinsi Bengkulu, Diah Irianti mengatakan, DP4 yang belum melakukan perekaman sebanyak 39.539 jiwa.

BACA JUGA:Ini 9 Penyebab PPK, PPS, KPPS dan Pantarlih Pemilu 2024 Diberhentikan

Sedangkan jumlah DP4 pemula berumur di atas 16 - 17 tahun sebanyak 46.985 jiwa.

"Untuk DP4 se - Provinsi kita perolah data sebanyak 86.524 jiwa. Mereka ini segera melakukan perekaman data," kata Diah, Minggu (8/1/2023).

Diah mengatakan, jumlah tersebut adalah data masyarakat wajib rekam data tetapi belum rekam data dan pemula yang belum rekam data.

BACA JUGA:Pembentukan Sekretariat PPK Pemilu 2024 Dimulai, Berikut Syarat, Mekanisme dan Honornya

Pihaknya pun berkolaborasi bersama Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten/Kota untuk mendorong pelajar segera melakukan perekaman bagi pemula. 

Selain itu, Dinas Dukcapil setempat juga mengimbau agar remaja wajib KTP di wilayah Bengkulu segera melakukan perekaman.

BACA JUGA:Dukungan 9 Bakal Calon DPD Pemilu 2024 Dapil Bengkulu Diverifikasi KPU BS

Pihaknya menargetkan perekaman data ini segera tuntas sebelum pemilu.

"Kita harapkan Dikbud termasuk Kemenag, untuk bisa memberitahu anak-anak SMA/SMK dan madrasah untuk menghubungi Dukcapil kabupaten/kota di mana mereka tinggal," ujar Diah.

Sumber: