Kabar Gembira...! Februari Dana Desa dan Alokasi Dana Desa Bisa Dicairkan, Tapi...Penuhi Dulu Syarat Ini

Kabar Gembira...! Februari Dana Desa dan Alokasi Dana Desa Bisa Dicairkan, Tapi...Penuhi Dulu Syarat Ini

LAPORAN : PPTK DD/ADD BPKAD BS, Ujang Ali saat merekap laporan penggunaan dana desa-wawan suryadi-raselnews.com

Untuk itu, Pemdes segera menetapkan APBDes. Sehingga, pencarian DD dan ADD tahap pertama bisa segera dilakukan lebih awal.

"Ya, Perbup sudah ditandatangani pak Bupati sejak beberapa hari lalu. Kami minta seluruh desa segera menuntaskan APBDes. Sehingga, pencarian bisa dilakukan lebih cepat dan program kegiatan yang ada di desa bisa mulai direalisasikan," terang Mukhlis.

Terpisah, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian dan Pengembangan (Bappeda-Litbang) BS, Fikri Al Jauhari, S.STP, M.Si menerangkan, Perbup sudah ditandatangani Bupati.

BACA JUGA:Warga Miskin di Bengkulu Capai 292 Ribu Jiwa Lebih, Terbanyak di Kota Bengkulu

BACA JUGA:Kabar Baik!! Badan Adhoc KPU Berpeluang Dapat Honor Tambahan, PPK Rp20 Juta PPS Rp12 Juta

Ditargetkan bulan Februari 2023 pencarian DD dan ADD tahap pertama mulai bisa dilakukan.

"Kami rasa mulai bulan Februari sudah ada desa yang melakukan pencairan. Terkait soal penggajuan tinggal tergantung kelengkapan administrasi," terang Fikri.

Sementara itu, pagu anggaran Dana Desa dan Alokasi Dana Desa di masing-masing dana desa di sudah keluar sejak beberapa hari lalu.

BACA JUGA:Nekat!!! Demi Tes Wawancara PPS Pemilu 2024, Pengantin Pria Ini 'Kabur' dari Resepsi Pernikahan

BACA JUGA:Geger Mayat Pria Ditemukan di Seluma

Sesuai Peraturan Menteri Keuangan (PMK) RI Nomor : 201/PMK.07/2022 tentang Pengelolaan Dana Desa, dari 142 desa di Kabupaten Bengkulu Selatan, tiga desa menerima Dana Desa (DD) Rp1 miliar lebih.

Kemudian 21 desa menerima tambahan anggaran yang bersumber dari Alokasi Kinerja (AK).

Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Bengkulu Selatan, Nuzmanto M Adil, ST melalui Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK) DD dan ADD Ujang Ali, S.Sos belum lama ini mengatakan, di Bengkulu Selatan 3 desa yang menerima DD terbesar adalah Desa Sukamaju Kecamatan Air Nipis dengan total anggaran tembus Rp1,140 miliAr.

BACA JUGA:'Pengen Nimpuk Bibir' Presiden Jokowi, Karyawan UNIBI Dipecat

BACA JUGA:Viral Ekspresi Pengantin Wanita

Kemudian Desa Suka Negeri Kecamatan Air Nipis Rp 1,040 miliar dan Desa Darat Sawah Ulu Kecamatan Seginim Rp1,012 miliar.

Sedangkan desa dengan DD terkecil yakni Desa Manggul Kecamatan Manna dengan total anggaran Rp588 juta

"Untuk total keseluruhan anggaran Dana Desa tahun 2023 yang dikucurkan pemerintah pusat ke 142 desa di Kabupaten Bengkulu Selatan yakni Rp 105,228 milir," terang Ujang.

BACA JUGA:Kebutuhan BBM Nelayan Bengkulu Tahun 2023 Tercukupi, Pemerintah Keluarkan 500 rekomendasi Pembelian BBM

BACA JUGA:Pedagang Pasar Ampera Diingatkan Tak Berjualan di Badan Jalan, Nekat Ini Akibatnya

Kemudian kata Ujang Ali, dari 142 desa di Kabupaten BS ada 21 desa yang menerima tambahan anggaran DD melalui Alokasi Kinerja (AK).

Total anggaran AK di Bengkulu Selatan Rp5,479 miliar. Anggaran dibagi 21 desa. Masing masing desa mendapat tambahan anggaran Rp260 juta.

Terpisah, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Bengkulu Selatan, Herman Sunarya, MH melalui Kabid Pemerintah Desa (Pemdes) Mukhlis, S.Sos menyebut, pagu anggaran Alokasi Dana Desa (ADD) sampai saat ini belum tuntas disusun.

Sumber: kepala dinas pmd bengkulu selatan