Tari Nombak Kerbau, Peninggalan Leluhur yang Akan Dipentaskan Pada Momen HUT Bengkulu Selatan

Tari Nombak Kerbau, Peninggalan Leluhur yang Akan Dipentaskan Pada Momen HUT Bengkulu Selatan

ADAT : Tari adat nombak kerbau di Kabupaten Bengkulu Selatan-DOK-raselnews.com

BENGKULU SELATAN, RASELNEWS.COM - Tari nombak kerbau, itulah nama salah satu kesenian adat peninggalan leluhur warga Kabupaten BENGKULU SELATAN.

Sejatinya tari nombak kerbau ini dilakukan pada saat ada hajatan pernikahan. Namun pada peringatan Hari Ulang tahun (HUT) Kabupaten Bengkulu Selatan ke 74 tari nombak kerbau ini akan dipentaskan.

Walaupun tari nombak kerbau ini dilaksanakan dalam rangkaian pesta pernikahan, namun perlu diketahui tidak seluruh hajatan pesta pernikahan warga Bengkulu Selatan dilaksanakan tari adat nombak kerbau.

BACA JUGA:Anggota DPRD Seluma Dipolisikan Leasing Mobil

BACA JUGA:Olah Air Nira Kelapa Sawit Tua Jadi Gula Merah, Per Hektar Hasilkan Rp47 Juta

Zaman dahulu hanya orang orang berada saja yang bisa menggelar resepsi pernikahan dimeriahkan dengan bimbang adat numbak kerbau. Karena ritualnya cukup panjang dan butuh biaya untuk membeli kerbau.

Kegiatan diawali dengan mengambil daun dan buluh atau bambu. Daun yang diambil adalah daun pisang untuk pembungkus. Sedangkan mengambil buluh, adalah kegiatan mengambil buluh muda untuk dijadikan wadah memasak lemang.

BACA JUGA:Penetapan Pengawas Desa Melao Diduga Sudah Dikondisikan Sejak Awal

BACA JUGA:BREAKING NEWS: Motor Pelajar SMK 1 Kaur Terjatuh dan Menghantam Bus Krui Putra, 1 Tewas di TKP

Setelah buluh dan bambu selesai diambil pihak keluarga dibantu masyarakat akan memasak lemang dan membuat atar atar (Balai tempat nari andun atau nari nombak kerbau dilaksanakan). Atar atar juga dijadikan tempat pasangan pengantin bersanding saat acara bimbang adat digelar.

Atar atar ini merupakan banguanan yang dibuat menggunakan rangka kayu atau bambu kemudian diberi atap dan daun dari daun kelapa yang masih hijau. Sedangkan pintu masuk atar atar ini dihias menggunakan daun paku bindu atau tanaman masuk keluarga pakis yang berpohon besar menyerupai pohon kelapa hybrida.

BACA JUGA:Pemkab Seluma Tak Lagi Siapkan Uang Saku JCH

BACA JUGA:Partai Tak Lolos Pemilu 2024, 3 Anggota DPRD Bengkulu Selatan Pikir-pikir

Setelah lemang masak, atar atar selesai didirikan, malamnya akan digelar bimbang adat. Pengantin dan muda mudi akan melakukan tari andun di atar atar.

Sumber: kepala dinas pariwisata bengkulu selatan