Dinkes Provinsi Bengkulu Dirikan 50 Posko Kesehatan

Dinkes Provinsi Bengkulu Dirikan 50 Posko Kesehatan

Posko kesehatan mudik lebaran 2023-istimewa-raselnews.com

BENGKULU, RASELNEWS.COM - Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi BENGKULU menyiapkan 50 posko pelayanan kesehatan untuk masyarakat selama mudik Lebaran 1444 hijriah.

Posko kesehatan akan dibangun di sejumlah lokasi utama, seperti terminal, pelabuhan dan jalur mudik rawan lainnya di 10 Kabupaten/Kota di Provinsi Bengkulu.

Kepala Dinkes Provinsi Bengkulu, Herwan Antoni mengatakan, posko yang disiapkan sekitar 40 -50 posko dan dibuka H-7 hingga H+7 Idul Fitri 1444 hijriyah. "Satu kabupaten rata-rata ada 4 posko, lokasinya di jalur-jalur lintas dan juga pusat keramaian," kata Herwan.

Herwan mengatakan, posko kesehatan akan disesuaikan dengan instansi terkait yang menangani mudik, seperti kepolisian, Dinas Perhubungan, ASDP, dan lainnya, sehingga arus mudik tahun ini dapat berjalan dengan aman, lancar dan tertib.

Posko kesehatan ini akan berfokus di jalur yang dilintasi pemudik. Pihaknya juga menyiagakan tenaga kesehatan di posko yang bertugas melayani pemeriksaan kesehatan.

"Pemudik bisa melakukan pemeriksaan kesehatan di posko dan juga melayani vaksinasi," kata Herwan.

Menurut Herwan, posko pelayanan kesehatan melakukan pemeriksaan kesehatannya yang bersifat umum, seperti pemeriksaan tekanan darah dan lainnya.

Jika nantinya membutuhkan penanganan lebih lanjut bisa di rujuk ke rumah sakit. Petugas kesehatan yang bersiaga dibagi dalam beberapa shif.

"Rata - rata ada 6 orang yang bersiaga dalam satu hari dan dibagi dalam dua shif, pagi dan malam," demikian Herwan. (cia)

Sumber: