Cek di SIni, 6 Bansos Ini Cair Setelah Lebaran 2023

Cek di SIni, 6 Bansos Ini Cair Setelah Lebaran 2023

Bupati Kaur menyalurkan bansos kepada KPM penerima beras CPP-julianto-raselnews.com

Bantuan ini menyasar 18,8 juta KPM. Kemensos membuat 2 skema penyaluran BPNT. Yakni melalui Himbara dan PT Pos Indonesia.

Di mana, pencairan BNT di 431 kabupaten/kota melalui Himbara. Artinya KPM mengambil bantuan melalui perbankan menggunakan KKS atau kartu merah putih dengan nominal di tahap pertama Rp400 ribu untuk alokasi Januari dan Februari.

Sedangkan KPM di 84 kabupaten/kota disalurkan melalui PT Pos Indonesia yang pencairkan di tahap pertama langsung untuk alokasi 3 bulan yakni Januar, Februari, dan Maret dengan total sebesar Rp 600 ribu.

BACA JUGA:Daftar Lalu Login Lewat HP, Bansos Rp4,2 Juta Bisa Anda Dapatkan, Cuma 25 Menit Lo...

5. BLT Miskin Ekstrem

BLT Miskin Ekstrem memliki nominal bantuan Rp300 ribu per bulan. Saat ini sudah memasuki pencairan tahap 3. Adapun penyalurannya diserahkan langsung ke pihak Pemerintah Desa.

Dalam penyalurannya, dana BLT miskin ekstrem mengacu pada jumlah warga miskin di desa masing-masing.

6. Bantuan PKH

BACA JUGA:Bansos Pangan 2023 Mulai Disalurkan, 10.022 KPM Kaur Tersenyum

Bantuan PKH untuk alokasi April dan Mei. Apabila di bulan April ini belum ada penyaluran tahap 2, maka dimungkinkan disalurkan pada Mei. Penyalurannya masih sama, ada yang lewat KKS dan PT Pos.

Bansos ini dikucurkan melalui Kementerian Sosial dalam bentuk PKH bagi 10 juta KPM. Bansos PKH dengan besaran nominal bantuan beragam mulai Rp200.000 sampai Rp3 jutaan tergantung hak penerima.

BACA JUGA:Bansos BPNT 2023 Jadi 'Proyek' Oknum TKSK, Mensos Sampaikan 5 Poin, Simak!

Demikian 6 bansos yang akan cair usai lebaran 2023. Semoga bermanfaat. Untuk pengecekan bisa dilakukan di cekbansos.kemensos.go.id. (**)

Sumber: