Lomba Cipta Menu Provinsi Bengkulu: TP PKK Seluma Juara 1, Bengkulu Selatan Juara 2

Lomba Cipta Menu Provinsi Bengkulu: TP PKK Seluma Juara 1, Bengkulu Selatan Juara 2

Wabup Bengkulu Selatan, H. Rifai Tajuddin membuka kegiatan Lomba Cipta Menu B2SA tingkat Provinsi Bengkulu di Lapangan Sekundang Setungguan, Kamis (4/5/2023)-wawan suryadi-raselnews.com

Lomba Cipta Menu B2SA: TP PKK Seluma Juara 1, Bengkulu Selatan Juara 2

BENGKULU SELATAN, RASELNEWS.COM - Tim Penggerak (TP) PKK Kabupaten BENGKULU SELATAN bersama Dinas Ketahanan Pangan dan TP PKK Provinsi Bengkulu menggelar lomba cipta menu Beragam Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA) di Lapangan Sekundang Setungguan, Kamis (4/5/2023).

Hasilnya? TP PKK Seluma menjadi peraih juara 1, TP PKK Bengkulu Selatan juara 2I dan TP PKK Mukomuko sebagai juara 3.

BACA JUGA:PKK Komitmen Wujudkan Masyarakat Sejahtera

Lomba cipta menu B2SA bertujuan meningkatkan pemahaman masyarakat akan pentingnya konsumsi pangan B2SA untuk meningkatkan kualitas hidup serta mendorong meningkatkan kreativitas masyarakat dalam memilih dan menentukan serta menyusun menu-menu baru dari hasil budaya lokal.

Membangun budaya keluarga untuk mengonsumsi aneka menu makanan bebas dalam rangka memenuhi kebutuhan gizi.

Wabup Bengkulu Selatan, H. Rifai Tajudin mengatakan dengan lomba cipta menu B2SA diharapkan bisa meningkatkan pemahaman masyarakat pentingnya makanan bergizi untuk mencegah stunting pada anak.

BACA JUGA:PKK Diminta Aktif Edukasi Pencegahan Covid-19

Wabup juga berharap masyarakat dapat memanfaatkan pekarangan rumah untuk pemenuhan kebutuhan sehari-hari.

“Tanaman-tanaman di sekitar rumah kita bisa dimanfaatkan dengan pemanfaatan lahan. Jadi pemenuhan kebutuhan dapur bisa lebih hemat yang artinya mampu menekan inflasi. Juga tentunya anak-anak kita bisa terhindar dari stunting karena pemenuhan gizi yang cukup,” ungkap Wabup.

BACA JUGA:Yes...Bansos Pangan Tahap II 2023 Mulai Disalurkan Lagi

Kegiatan diharapkan dapat meningkatkan pemahaman masyarakat akan pentingnya konsumsi dengan pola menu B2SA. Juga sebagai pendorong kreativitas masyarakat dalam memilih, menentukan dan menyusun serta menciptakan menu-menu baru yang berbasis panganan lokal.

BACA JUGA:El Nino Mengancam Indonesia! Pemerintah Imbau 32 Provinsi Ini Waspadai Krisis Pangan

Karena, istilah “kenyang tidak harus nasi” merupakan salah satu misi yang diusung pada lomba cipta menu B2SA kali ini. Artinya memberikan edukasi dan pemahaman kepada masyarakat agar lebih inovatif dalam menciptakan menu makanan baru tanpa nasi.

Sumber: