Yes...Bansos Pangan Tahap II 2023 Mulai Disalurkan Lagi

Yes...Bansos Pangan Tahap II 2023 Mulai Disalurkan Lagi

Alhamdulillah, Bansos Beras Diperpanjang Hingga Maret 2024-istimewa-raselnews.com

JAKARTA, RASELNEWS.COM - Bantuan sosial (bansos) pangan tahap 2 tahun 2023 kembali disalurkan kepada keluarga penerima manfaat (KPM) yang tersebar di 38 provinsi.

Bansos pangan berupa beras ini disalurkan untuk 21,3 juta KPM.

BACA JUGA:Kabar Baik, 2 Bank Penyalur Mulai Salurkan Bansos PKH Tahap 2 Tahun 2023

Kepala Badan Pangan Nasional/National Food Agency (NFA) Arief Prasetyo Adi mengatakan, bansos berast disalurkan oleh Bulog.

Penyaluran antara pendistribusian tahap 1 dan 2 tidak ada jeda. Sebab beras merupakan kebutuhan pokok masyarakat yang dikonsumsi setiap hari.

BACA JUGA:SPM Sudah Terbit! Bansos PKH Tahap 2 Tahun 2023 Mulai Ditransfer Kemensos, Cek KKS Sekarang

"Saat pendistribusian tahap 1 hampir rampung paralel langsung kami lanjut tahap 2. Tentunya banyak KPM yang sudah menunggu tahap 2 ini,” ujar Arief.


Hingga Awal Mei 2023 atau pada hari pertama penyaluran bantuan beras tahap 2, Perum Bulog telah menyalurkan sebanyak 1.680 ton beras dengan sebaran 168 ribu KPM.

BACA JUGA:Cek di SIni, 6 Bansos Ini Cair Setelah Lebaran 2023

Rinciannya, tertinggi di Provinsi Maluku sebanyak 878 ton atau 68 persen dari total alokasi bantuan di Provinsi Maluku sebanyak total 1.285 ton.

Arief menuturkan, sama seperti bantuan beras tahap pertama, bantuan tahap ke-2 ini juga akan disalurkan kepada 21,3 juta KPM di 38 provinsi dengan mengoptimalkan stok beras Bulog di 26 Kantor Wilayah se-Indonesia.

BACA JUGA:Berkah Lebaran, 94.017 KPM di Provinsi Bengkulu Terima Bansos BPNT 2023

Pendistribusian juga tetap menggandeng 3 perusahaan ekspedisi besar, yaitu PT Pos Indonesia (Persero), PT Jasa Prima Logistik (JPL), dan PT DNR sehingga bisa dipantau dan dipastikan posisi pendistribusian per-item.

“Dalam pendistribusian bantuan tahap 2 ini tidak ada spesifikasi yang dikurangi, kualitas beras tetap terjaga baik, beras yang kami salurkan ini adalah beras baru. Untuk pelayanan kami terus lakukan perbaikan agar lebih cepat dan mudah,” ungkapnya.

BACA JUGA:Bansos Telur dan Daging Ayam 2023 Mulai Disalurkan Hari Ini

Untuk menjaga harga beras di tingkat petani, Bapanas juga terus mendorong Bulog untuk meningkatkan penyerapan dalam negeri di musim panen sesuai dengan Harga Pembelian Pemerintah (HPP).

Update penyaluran bantuan beras tahap pertama, sampai dengan 2 Mei 2023 telah disalurkan sebanyak 84 persen atau 179 ribu ton dari total penyaluran 213 ribu ton. Tercatat lebih dari 50 persen provinsi atau sebanyak 20 provinsi telah melakukan penyaluran 90-100 persen.

BACA JUGA:Bansos Pangan 2023 Mulai Disalurkan, 10.022 KPM Kaur Tersenyum

Provinsi yang telah menyalurkan 100 persen yaitu Aceh, Kepulauan Riau, Jambi, Bangka Belitung, Sumatera Selatan, Bengkulu, Lampung, DKI Jakarta, Sulawesi Barat, Nusa Tenggara Barat (NTB), Papua, Papua Barat, Papua Barat Daya, dan Papua Selatan. (**)

Sumber: