Pendaftaran Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI) 2023 Ditutup 31 Mei, Kuota Terbatas, Simak Cara Daftarnya

Pendaftaran Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI) 2023 Ditutup 31 Mei, Kuota Terbatas, Simak Cara Daftarnya

Mendikbudristek, Nadiem Anwar Makarim-istimewa-raselnews.com

JAKARTA, RASELNEWS.COM - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek) melalui Balai Pembiayaan Pendidikan Tinggi (BPPT), kembali membuka pendaftaran Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI) tahun 2023.

BACA JUGA:Ingat, Program Beasiswa BESTARI 2023 Tutup 20 Mei, Ada Bantuan Rp10 Juta untuk Lulusan SMA Sederajat

Pendaftaran BPI Kemdikbudristek 2023 dibuka 2 Mei dan terdiri dari 2 gelombang. Untuk tujuan perguruan tinggi luar negeri, pendaftaran berakhir 31 Mei 2023.

Sedangkan tujuan perguruan tinggi dalam negeri berakhir 30 Juni 2023.

Mendikbudristek, Nadiem Anwar Makarim,mengatakan, BPI adalah salah satu Program Merdeka Belajar adalah memberikan hak pada seluruh masyarakat Indonesia untuk memperoleh pendidikan.

BACA JUGA:Buruan Daftar..! Polteknaker Buka Tes Beasiswa Sampai Lulus, Kuota Terbatas

“Kami percaya bahwa cita-cita  bangsa Indonesia melompat ke masa depan hanya akan tercapai kesempatan yang setara untuk menuntut ilmu, “kata Nadiem.

Karena itu, lanjutnya, Kemendikbudristek terus memberikan dukungan pendanaan pendidikan melalui beragam program beasiswa, salah satunya Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI) Kemendikbudristek.

BACA JUGA:Program Beasiswa BESTARI Tahun 2023 Dibuka, Tiap Semester Bisa Dpata Rp 10.000.000, Berikut Syaratnya

BPI Kemendikbudristek telah tersedia bagi calon mahasiswa jenjang S1, S2, dan S3, pendidikan profesi, pedidikan nongelar, pelajar berprestasi, guru, pelaku budaya, dosen dan tenaga kependidikan di kampus-kampus unggulan, baik di dalam maupun luar negeri. Dikatakan lebih lanjut, profesi dosen merupakan penerima BPI terbanyak.

BACA JUGA:Beasiswa PIP 2023 Termin 1 Cair 1 April, Kapan Termin 2? Berikut Jadwalnya

Sementara itu, Anton Rahmadi, Kepala BPPT menjelaskan, Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI) 2023 terdiri dari:

1. Beasiswa calon guru SMK untuk jenjang S1.

Program ini ditujukan pada siswa SMK yang telah diterima di program studi keahlian sesuai prioritas nasional, serta mahasiswa on going di LPTK maksimal semester 3 pada program studi keahlian sesuai prioritas nasinal.

BACA JUGA:Penerima Bantuan PIP Bengkulu Selatan Bertambah 6.424, Bupati: Hampir Seluruh Siswa Dapat Beasiswa

“Pendaftar harus berkomitmen menjadi guru SMK setelah lulus studi, dan berusia maksimal 30 tahun saat mendaftar, “ujar Anton.

2. Beasiswa bagi pelaku budaya dan penyuluh kepercayaan untuk jenjang S1 sampai S3.

3. Beasiswa Indonesia Maju (BIM) untuk jenjang S1 dan S2 melalui skema mandiri. BIM juga memiliki skema persiapan yang dikelola Pusat Prestasi Nasional.

Sumber: