4 Alasan Baju Baru Harus Dicuci Sebelum Digunakan, Nomor 2 dan 3 Bikin Jijik

4 Alasan Baju Baru Harus Dicuci Sebelum Digunakan, Nomor 2 dan 3 Bikin Jijik

ilustrasi baju baru-Istimewa-pexels.com

RASELNEWS.COM - Baju atau pakain baru memang terlihat wangi dan bersih. Sebab itulah, kebanyak orang baju baru tidak langsung dicuci.

Padahal, memakai baju baru tanpa dicuci sejatinya jangan dilakukan. Sebab ada alasan mengapa baju baru harus dicuci sebelum digunakan.

Berikut 4 alasan baju baru harus dicuci, dan nomor 3 bisa bikin jijik pembeli.

BACA JUGA:Selangkah Lagi 2 Provinsi Baru di Sumatera Terbentuk, Usulan 2 Calon Provinsi baru Ini Sudah Lolos untuk Dikaj

1. Mengurangi risiko warna luntur

Dalam baru baru, ada proses perwarnaan. Nah, jika tidak dicuci maka kemungkinan besar pewarna tersebut bisa transfer ke kulit.

Sebab, beberapa jenis pewarna tekstil seperti yang mengandung azo-anilin dapat menyebabkan alergi hingga iritasi pada kulit.

BACA JUGA:Tak Ingin Hp Disadap, Lakukan Cara Ini, Berikut Tanda Hp Disadap

Terutama bagi bayi maupun orang yang memiliki kulit sensitif. Mencuci pakaian yang baru dibeli pun dapat mengurangi resiko warna luntur pada pakaian lainnya.

2. Menghilangkan bakteri atau jamur

Meski terlihat bersih, namun itu hanya sebatas pandangan. Sebab, baju baru yang kita beli tidak dijamin terbebas dari bakteri dan jamur. 

BACA JUGA:cekbansos.kemensos.go.id, Bansos BPNT Mei dan Juni 2023 Cair

Apalagi sudah menjadi rahasia umum, baju yang dipajang di toko dan departemen store kerap dicoba pembeli sebelum membeli.

Tindakan ini tentu berisiko penyebaran berbagai sumber penyakit menular, seperti virus, bakteri, dan jamur secara tidak langsung. Misalnya kudis, kurap, dan panu serta lainnya.

BACA JUGA:Kelebihan Transfer Uang Bantuan ke Yayasan dan Masjid, 'Wabup Kaur' Minta Dikembalikan

Untuk mencegahnya, baju atau pakaian baru harus dicuci dengan detergen telah dilengkapi dengan anti-bacteria agent.

3. Menghilangkan bau dan najis

Sumber: