Rincian Biaya Kuliah Jalur Mandiri Universitas Brawijaya 2023

Rincian Biaya Kuliah Jalur Mandiri Universitas Brawijaya 2023

Universitas Brawijaya-istimewa-raselnews.com

JAKARTA, RASELNEWS.COM - Salah satu perguruan tinggi negeri (PTN) yang diminati oleh lulusan SMA sederajat adalah Universitas Brawijaya

Universitas ini memberikan kesempatan bagi calon mahasiswa baru dengan membuka berbagai jenis seleksi pada jenjang D3, D4, dan S1. Salah satu jenis seleksi yang tersedia di Universitas Brawijaya adalah seleksi mandiri.

BACA JUGA:Politeknik Milik Kemnaker Buka Kuliah Peluang Gratis, Lulusan SMA dan SMK Merapat..!

Dalam seleksi mandiri ini, Universitas Brawijaya memetakan beberapa kelompok. Diantaranya, seleksi mandiri penyandang disabilitas, jalur rapor, berbasis nilai UTBK, dan seleksi mandiri jalur prestasi.

Meskipun belum ada informasi resmi mengenai jalur seleksi mandiri yang akan dibuka oleh UB pada tahun 2023, penting bagi calon mahasiswa juga mengetahui tentang biaya kuliah jalur mandiri di Universitas Brawijaya.

BACA JUGA:Mau Kuliah Gratis dan Tamat Langsung Diangkat CPNS, Seperti Ini Caranya

Adapun biaya kuliah jalur mandiri di Universitas Brawijaya terdiri dari Uang Kuliah Tunggal (UKT) dibagi tiga kelompok, yaitu kelompok 4, kelompok 5, dan kelompok 6.

Selain UKT, terdapat juga Iuran Pengembangan Institusi (IPI) yang harus dibayarkan pada awal semester saat perkuliahan dimulai.

BACA JUGA:Keren...Kampus di Bengkulu Ini Gratiskan Biaya Kuliah, Simak Syarat dan Kuotanya

Besaran biaya kuliah untuk setiap jurusan juga memiliki nominal yang berbeda.

Berikut adalah daftar lengkap biaya kuliah jalur mandiri S1 di Universitas Brawijaya yang mengacu pada Peraturan Rektor UB Nomor 41/2020 tentang Biaya Pendidikan, sebagai gambaran biaya kuliah jalur mandiri UB tahun 2023.

BACA JUGA:Mau Kuliah Gratis? Ini Kuncinya, Ketua STIT Alquraniyah Manna Siap Perjuangkan

1. Fakultas MIPA

- Kimi: Rp5.500.000 - Rp40.000.000

- Biologi: Rp5.000.000 - Rp40.000.000

- Fisika: Rp4.900.000 - Rp40.000.000

Sumber: