2 Perkara Ini Kerap Disepelekan! Dikira Dosa Kecil, Ternyata Dosa Besar

2 Perkara Ini Kerap Disepelekan! Dikira Dosa Kecil, Ternyata Dosa Besar

Ilustrasi berdoa terbebas dari azan kubur-Istimewa-raselnews.com

RASELNEWS.COM - Manusia tak pernah terlepas dari dosa, baik itu dosa besar maupun dosa kecil.

Apalagi di zaman modern ini, banyak hal sepele yang kerap dilupakan. Padahal perkara kecil itu punya dampak dampak sangat besar, baik di dunia maupun akhirat.

Dalam beragama, ada dua dosa kecil yang kerap dianggap sepele. Padahal dapat mengakibatkan azab kubur semakin pedih.

BACA JUGA:Siksa Kubur Sangat Pedih! 7 Amalan Ini Menjadi Penyelamat dan Penerang Alam Kubur

Namun sayangnya, seringkali manusia meremehkan dosa-dosa kecil, padahal jika dosa kecil dilakukan secara berulang-ulang, akhirnya akan menjadi dosa besar.

Rasulullah SAW pernah bersabda: "Tidak ada dosa besar yang tidak bisa diampuni dengan istighfar (meminta ampun pada Allah), dan tidak ada dosa kecil yang tidak menjadi besar jika dilakukan terus-menerus." (HR Baihaqi).

Ada dua dosa kecil yang sering dianggap remeh, padahal sebenarnya dosa tersebut adalah dosa besar.

BACA JUGA:Duh...Pantai Labuan Banten Ini Dinobatkan Pantai Terkotor di Indonesia

Dalam sebuah riwayat disebutkan bahwa Rasulullah SAW dan para sahabatnya pernah melewati sebuah kuburan dan mendengar siksa yang sangat pedih di dalamnya.

"Keduanya disiksa, padahal keduanya tidak disiksa karena dosa besar."

Kemudian Beliau SAW melanjutkan, "Benar, sebenarnya itu adalah dosa besar. Salah satunya disiksa karena tidak menjaga diri saat buang air kecil, dan yang satunya lagi disiksa karena namimah (mengadu domba)." (HR Bukhari).

BACA JUGA:Hujan Cacing di India, Fenomena Alam atau Azab? Ini Penjelasan Ahli Botani

Ketika menjelaskan hadits ini dalam kitab Fathul Bari, Ibnu Hajar Al Asqalani menjelaskan bahwa maksud hadits tersebut adalah dua dosa tersebut dianggap kecil dan diremehkan oleh mereka yang disiksa dalam kubur tersebut. Padahal sebenarnya dosa tersebut besar di mata Allah SWT.

Dua dosa yang dianggap remeh namun mendatangkan siksa kubur yang pedih adalah tidak menjaga diri saat buang air kecil dan namimah (mengadu domba).

BACA JUGA:TERBARU! Jadwal dan Syarat Anggota Bawaslu Kabupaten/Kota Periode 2023-2028

Dosa pertama adalah ketidakjagaan saat buang air kecil. Pendapat para ulama yang paling kuat adalah bahwa dosa ini terjadi ketika seseorang tidak menjaga diri dan pakaian saat buang air kecil sehingga terkena najis.

Akibatnya, tubuh atau pakaian menjadi terkena najis, dan hal ini membuat shalat tidak sah. Karena salah satu syarat sah dalam shalat adalah kebersihan tubuh, pakaian, dan tempat shalat dari najis.

BACA JUGA:Ibu-Ibu Harus Tahu! Hukum Arisan Dalam Islam Menurut Ustaz Khalid Basalamah

Dosa kedua adalah namimah, yaitu mengadu domba antara dua orang atau pihak agar mereka saling bermusuhan.

Di zaman sekarang, hal ini juga sering dianggap remeh. Sebagai contoh, demi alasan karier, dua orang bisa difitnah sehingga mereka bermusuhan. Atau demi keuntungan bisnis, dua pesaing sengaja diadu domba agar saling membenci.

Terutama di era media sosial seperti sekarang, namimah seringkali dianggap remeh.

BACA JUGA:PPDB SD dan SMP 2023 di Bengkulu Selatan Dibuka Juni, Usia Kurang 6 Tahun Bisa Daftar dengan Syarat

Padahal di sisi Allah SWT, namimah merupakan dosa besar yang berakibat pada siksa yang pedih di alam barzakh. Kita berlindung kepada Allah dari hal tersebut. (red)

Sumber: diolah dari berbagai sumber