BERSIAP! Pendaftaran Beasiswa Indonesia Bangkit (BIB) 2023 Dimulai 5 Juni, Berlaku untuk Semua Agama

BERSIAP! Pendaftaran Beasiswa Indonesia Bangkit (BIB) 2023 Dimulai 5 Juni, Berlaku untuk Semua Agama

BERSIAP! Pendaftaran Beasiswa Indonesia Bangkit (BIB) 2023 Dimulai 5 Juni, Berlaku Untuk Semua Agama-istimewa-raselnews.com

JAKARTA, RASELNEWS.COM - Pendaftaran seleksi program gelar Beasiswa Indonesia Bangkit (BIB) tahun 2023 mulai dibuka 5-25 Juni 2023.

Program yang digagas Kementerian Agama (Kemenag) RI dalam bentuk beasiswa pendidikan yang menyediakan gelar akademik dalam tingkat S1 (Sarjana), S2 (Magister), dan S3 (Doktor) di perguruan tinggi di dalam negeri atau luar negeri.

BACA JUGA:Kemenag Buka Pendaftaran Beasiswa BIB, Mulai program S1 Hingga S3, Berikut Syarat dan Ketentuannya

Program ini merupakan beasiswa penuh (full scholarship) yang diberikan kepada pendaftar yang telah lulus seleksi dan memenuhi persyaratan keberangkatan untuk melanjutkan pendidikan tingkat S1, S2, dan S3 di dalam atau luar negeri.

"Kami membuka kembali seleksi Program Gelar BIB 2023. Pendaftaran akan berlangsung mulai 5 hingga 25 Juni 2023," kata Sekjen Kementerian Agama, Nizar Ali.

BACA JUGA:Buruan! Pendaftaran Beasiswa Prestasi Siswa SMA/SMK Dibuka, Ada Jalur Khusus Hafiz Quran

Menurut Nizar, beasiswa BIB 2023 difokuskan untuk stakeholders keluarga besar Kemenag.

Beasiswa ini juga terbuka untuk semua agama. Menurut Nizar, BIB 2023 bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan daya saing pendidikan keagamaan mulai dari tingkat dasar hingga pendidikan tinggi.

Selain itu, program ini bertujuan untuk memperluas akses bagi stakeholder Pendidikan Agama dan Keagamaan agar dapat melanjutkan pendidikan mereka melalui beasiswa, baik di dalam maupun luar negeri, dengan lebih masif.

BACA JUGA:20 Calon Penerima Beasiswa Universitas Al Azhar Mesir Tahun 2023 Lolos Seleksi

"Ini merupakan bagian dari upaya afirmasi kita agar mereka yang telah berdedikasi dalam bidang pendidikan agama dan keagamaan juga memiliki akses untuk mendapatkan beasiswa S1, S2, atau S3," urainya.

Informasi lebih lanjut dapat diakses melalui Aplikasi Superapp Pusaka Kemenag pada menu Layanan Terpadu dengan judul Beasiswa Indonesia Bangkit.

Direktur Jenderal Pendidikan Islam, M. Ali Ramdhani, menambahkan, proses seleksi penerima Program Gelar BIB 2023 terdiri dari tiga tahap.

BACA JUGA:Peluang Bagi Pelajar Indonesia, Universitas Al Azhar Mesir Berikan Kuota Beasiswa 2023, Ini Syaratnya

Tahap pertama adalah seleksi administrasi yang akan dilaksanakan dari 26 Juni hingga 2 Juli 2023.

"Hasil seleksi administrasi akan diumumkan pada 5 Juli 2023," jelasnya.

Sumber: