32 Kontingen PENAS Petani Nelayan 2023 Bengkulu Selatan Dilepas, Simak Pesan Bupati

32 Kontingen PENAS Petani Nelayan 2023 Bengkulu Selatan Dilepas, Simak Pesan Bupati

Pelepasan Kontingen PENAS Petani Nelayan 2023 Bengkulu Selatan oleh Bupati Gusnan Mulyadi, Senin (5/6/2023)-andri irawan-raselnews.com

BENGKULU SELATAN, RASELNEWS.COM - Sebanyak 32 kontingen Pekan Nasional (Penas) Petani Nelayan ke XVI tahun 2023 Kabupaten BENGKULU SELATAN (BS), Senin (5/6/2023) dilepas Bupati BS, Gusnan Mulyadi.

Gusnan memberikan restu kepada kontingen BS yang akan mengikuti PENAS Petani Nelayan yang tahun ini digelar di Kota Padang, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar).

BACA JUGA:Dinas Pertanian Bengkulu Selatan Siapkan Bantuan Pangan untuk Petani Korban Banjir Rob

Pelepasan dilakukan di Aula Dinas Pertanin (Distan) BS dengan didampingi Sekda BS, Sukarni dan Kepala Distan BS, Edi Siswanto.

32 kontingen itu terdiri dari petani dan kelompok tani nelayan andalan (KTNA) di 11 kecamatan, ditambah pendamping, peninjau, dan kontingen mandiri.

Kepada kontingen, Gusnan Mulyadi berhadap dalam PENAS, peserta dapat menyerap ilmu.

BACA JUGA:Tahun Ini, Dinas Pertanian Bengkulu Selatan Hanya Dapat DAK Tematik, Nih Kegiatannya

PENAS menjadi ajang petani untuk saling berkomunikasi, bertukar informasi terkait produk bernilai jual sehingga bisa menjadi kado saat pulang ke Bengkulu Selatan.

"Ambil satu saja dalam PENAS. Tapi fokus untuk dipelajar saat pulang nanti. Ilmu yang didapat bisa menjadi motivasi," tegas Gusnan Mulyadi.

Dalam PENAS akan banyak produk antar kabupaten/kota ditampilkan. Hal ini menjadi momen bagi peserta.

BACA JUGA:Alsintan Dinas Pertanian Tak Jelas, Bupati Bengkulu Selatan Perintahkan Ipda Audit, Hasilnya? Alamak....

Yang menjadi pesan Gusnan lainnya yakni terkait rempah-rempah. Ia pun meminta kontingen PENAS BS untuk mendalami cara bertanam rempah-rempah yang baik.

Sebab menurut Gusnan, rempah-rempah menjadi sektor pertanian yang memiliki nilai jual yang tinggi jika dikelola dengan baik dan sesuai permintaan pasar.

Misalnya sebut Gusnan, jernang, kapulaga, pinang, pala, cengkeh dan lain sebagainya.

Sumber: