OJK: KUR Mikro Paling Diminati Pelaku UMKM di Bengkulu, Limit Rp 50 Juta Bunga Rendah,

OJK: KUR Mikro Paling Diminati Pelaku UMKM di Bengkulu, Limit Rp 50 Juta Bunga Rendah,

OJK: KUR Mikro Paling Diminati Pelaku UMKM di Bengkulu, Limit Rp 50 Juta Bunga Rendah, -istimewa-raselnews.com

BENGKULU, RASELNEWS.COM – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Provinsi BENGKULU menyebut Kredit Usaha Rakyat (KUR) mikro adalah kredit pinjaman paling diminati para pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) di Provinsi BENGKULU.

Hingga Juni 2023, Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Provinsi Bengkulu, Tito Adji menyebut, KUR dengan limit pinjaman Rp 50 juta bunga rendah atau 6 persen per tahun ini telah disalurkan kepada 17.046 debitur dengan nilai pinjaman mencapai Rp 852,17 miliar.

BACA JUGA:Syarat KUR Bank Bukopin 2023 Bunga Rendah dan Tanpa Agunan

"Total penyaluran KUR di Provinsi Bengkulu pada posisi Juni 2023 sudah mencapai Rp1,48 triliun. Di mana, KUR Mikro dengan jumlah kreditur terbanyak mencapai 17.046 dengan nilai pinjaman mencapai Rp 852,17 miliar,"sebut Tito Adji.

Sementara KUR Kecil berada di posisi kedua dengan total pinjaman Rp599,98 miliar dengan 2.627 debitur. Terakhir adalah KUR Supermikro dengan total pinjaman mencapai Rp25,84 miliar untuk 2.699 debitur.

BACA JUGA:Program Pemutihan Pajak Kendaraan Bermotor di Kaur Kurang Diminati, Waktu Tinggal 5 Hari, Realisasi Masih Rend

OJK Provinsi Bengkulu juga mencatat, kredit Perbankan di Bengkulu periode Juni 2023 tumbuh 5,18 persen. Penyaluran kredit melalui bank umum mencapai Rp26,60 triliun.

Sedangkan pertumbuhan kredit Bank Pengkreditan Rakyat (BPR) dan Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS) mencapai 31,4 persen.

Naiknya total kredit perbankan di Bengkulu menunjukkan tren positif perekonomian masyarakat.

BACA JUGA:5 Hari Cair! KUR BRI 2023 Plafon Rp500 Juta Bunga Hanya 0,2 Persen

Secara umum dapat digambarkan perekonomian di Bengkulu sudah pulih pasca pandemi covid 19.

Tito Adji menyebut, ada 3 penyebab naiknya penyaluran kredit perbankan di Bengkulu. Yakni peningkatan kredit investasi, kemudian kredit modal kerja, dan konsumsi.

“Berdasarkan jenis penggunaannya, pertumbuhan kredit didorong peningkatan kredit investasi, modal kerja dan konsumsi,” ujar Tito.

BACA JUGA:Kabar Baik, Limit Pinjam KUR BNI Mikro 2023 Naik 2 Kali Lipat, Suku Bunga Turun dan Tanpa Agunan

KUR Bank Rakyat Indonesia (BRI)

Sementara itu, Bank Rakyat Indonesia (BRI) menjadi salah satu bank yang ditujuk pemerintah dalam menyalurkan KUR di tahun 2023.

Melansir dari bri.co.id, berikut jenis-jenis KUR yang tersedia di BRI berikut persyaratannya.

Syarat KUR Mikro BRI:

1. Individu (perorangan) yang melakukan usaha produktif dan layak

Sumber: