KEREN! Pelajar SMA di Bengkulu Selatan Ciptakan Deodorant dari Jeruk Purut

KEREN! Pelajar SMA di Bengkulu Selatan Ciptakan Deodorant dari Jeruk Purut

Pelajar SMA di Bengkulu Selatan Ciptakan Deodorant dari Jeruk Purut-rezan oktowesa-raselnews.com

BENGKULU SELATAN, RASELNEWS.COM - Prestasi membanggakan datang dari pelajar SMAN 2 BENGKULU SELATAN (BS), Zaskia Apriliani (17), Salsabila Endah Resiyfa (17) serta Intanifah Dwinanda (17).

Para pelajar ini berhasil menciptakan deodorant alami yang bahan bakunya dari esktrak jeruk purut.

Inovasi ini dilakukan setelah mereka melakukan uji coba ringan terkait zat aditif atau zat pemberi aroma alami pada jeruk purut.

BACA JUGA:Kesempatan Langka! BRI Siapkan Beasiswa untuk Mahasiswa Aktif Berprestasi, Pendaftaran Ditutup 14 Oktober

Uji coba yang dilakukan di laboratorium IPA tersebut berhasil. Zaskia yang memimpin uji coba tertarik untuk melakukan penelitian mendalam guna menciptakan produk unggulan berbasis bahan alami.

Ketiganya akhirnya sepakat untuk membuat deodorant alami yang dinamakan fresh deodorant spray.

“Awalnya memang uji coba ringan dulu, karena memang kami penasaran akan aroma buah jerik purut yang sangat pekat. Setelah kami coba saring airnya, kami coba pekatkan lagi dengan menambah larutan EDTA.

BACA JUGA:Kemenag Buka Pendaftaran Beasiswa Santri Berprestasi, Kuota 1000, Dibuka 3-13 Juli

Namun hasil akhirnya mengejutkan, larutan air jeruk sangat harum dan beraroma khas,” ujar Zaskia di sela Lomba Karya Inovatif Siswa SMA/SMK di Aula Bappeda-Litbang Bengkulu Selatan, Senin (25/9/2023).

Karena mereka penasaran dengan hasil uji coba pertama, mereka berkoordinasi dengan guru pembina IPA SMADA Dra. Herawati, M.Pd.Si. Mereka meminta bimbingan serta petunjuk dalam mengemas dan mengelola produk.

“Ketika kami ceritakan uji coba ini, Ibu Herawati langsung welcome (terbuka) dan setuju untuk membimbing kami. Iapun lantas mencari rujukan formula yang pas untuk menghasilkan cairan deodorant alami yang maksimal,” sambungnya.

BACA JUGA:Buruan! Pendaftaran Beasiswa Prestasi Siswa SMA/SMK Dibuka, Ada Jalur Khusus Hafiz Quran

Ditambahkan Salsabila, setelah mendapatkan bimbingan dari sang guru, mereka akhirnya menemukan bahan tambahan yang cocok untuk produk deodorant.

Diantaranya tawas, daun sirih, buah jeruk kalamansi, buah jeruk purut, esensial oil, EDTA serta air.

Sumber: