Cara Mengajukan Pinjaman Modal Usaha bagi Pensiunan di Kantor Pos Plafon Rp 250 Juta

Cara Mengajukan Pinjaman Modal Usaha bagi Pensiunan di Kantor Pos  Plafon Rp 250 Juta

Cara Mengajukan Pinjaman Modal Usaha bagi Pensiunan di Kantor Pos Plafon Rp 250 Juta -istimewa-raselnews.com

BACA JUGA:Cara Membatalkan Pinjaman Online TunaiKu dengan Mudah, Cepat dan Dijamin Berhasil

Biasanya, orang yang sudah pensiun sudah memiliki NPWP karena ini merupakan bagian wajib dari pembayaran gaji.

6. Kartu Identitas Pensiun

Kartu identitas pensiun bisa berupa Kartu Identitas Pensiun (Karip) atau Buku Asabri. Dokumen ini diperlukan guna membuktikan bahwa Anda adalah seorang pensiunan yang memenuhi syarat.

7. Pas Foto Berwarna

Anda juga perlu melampirkan 2 lembar pas foto berwarna ukuran 4×6. Pas foto ini dapat berupa foto Anda sendiri atau suami/istri.

8. Batas Usia Peminjam

Usia maksimal untuk mengajukan pinjaman adalah 83 tahun. Pengajuan pinjaman akan ditolak jika usia Anda melebihi batas ini.

BACA JUGA:BRIGUNA Karya 2023, Pinjaman dari BRI Tanpa Agunan Plafon Rp 100 Juta hingga Rp 500 Juta

Biaya dan Bunga Pinjaman Kantor Pos

Setelah memahami syarat-syaratnya penting juga untuk Anda diketahui perihal biaya dan bunga yang terkait dengan pinjaman ini. Dimana, biaya administrasi gratis atau tidak ada biaya apa pun.

Hanya saja ada bunga atau provisi sebesar 3% dari plafon yang harus dibayar debitur bersama dengan biaya angsuran bulanan.

Selain itu, setiap pinjaman di Kantor Pos juga akan mendapatkan asuransi jiwa, sehingga Anda juga harus membayar biaya asuransi yang termasuk dalam biaya angsuran.

Plafon dan Tenor Pinjaman Kantor Pos

Salah satu keunggulan pinjaman di Kantor Pos adalah plafon yang cukup besar yang bisa mencapai Rp250.000.000.

Dengan plafon yang tinggi ini, Anda dapat menggunakan pinjaman untuk berbagai kebutuhan, salah satunya modal usaha untuk menghabisi masa tua usai pensiun. 

Selain itu, tenor pinjaman hingga 12 tahun. Tenor yang lebih lama berarti angsuran bulanan yang lebih rendah, sehingga Anda tidak perlu khawatir terbebani oleh pinjaman ini.

BACA JUGA:Tabel Angsuran KUR BRI Oktober 2023, Simak Pinjaman Rp 1 Juta - Rp 50 Juta Syarat KTP dan KK

Alur Proses Pengajuan Pinjaman di Kantor Pos

Sebelum pengajuan pinjaman oleh Kantor Pos, ada beberapa langkah yang harus Anda ikuti:

1. Mengisi formulir pengajuan pinjaman

Formulir ini dapat kamu dapat di website resmi KOSPUSNOS atau bisa langsung di Kantor Pos. Formulir ini berisi informasi seperti identitas diri, nomor pensiun, gaji pensiun, estimasi nominal pinjaman, hingga jangka waktu.

2. Admin menghubungi debitur

Setelah mengisi formulir, tunggulah hingga admin menghubungi Anda. Selama menunggu panggilan, Anda bisa menyiapkan dokumen-dokumen yang diperlukan.

3. Dokumen Pengajuan

Anda kemudian bisa menyerahkan dokumen persyaratan ke Kantor Pos. Pastikan untuk menjaga dokumen-dokumen ini dalam satu map coklat agar tidak tercecer.

BACA JUGA:Top Up KUR BRI 2023! Solusi Pinjam KUR BRI Meski Angsuran Pinjaman Pertama Belum Lunas, Cek Syarat dan Caranya

4. Proses Pengajuan

Setelah agen menerima dokumen persyaratan yang Anda ajukan, mereka akan memproses pengajuan Anda. Mereka akan memeriksa kelengkapan dan keabsahan dokumen, lalu menganalisis jumlah kredit yang akan anda dapat.

5. Pinjaman Pensiun Cair

Sumber: