Setelah Shalat Baru Ingat Belum Mandi Junub, UAS Sarankan Lakukan Shalat Ini

Setelah Shalat Baru Ingat Belum Mandi Junub, UAS Sarankan Lakukan Shalat Ini

Setelah Shalat Baru Ingat Belum Mandi Junub, UAS Sarankan Lakukan Shalat Ini-istimewa-freepik.com

RASELNEWS.COM - Ustadz Abdul Somad atau UAS menyarankan agar jika seseorang sudah melaksanakan shalat namun lupa untuk mandi wajib usai berhubungan intim, ia dapat melakukan shalat I'adah sebagai pengulangan.

Shalat I'adah adalah bentuk pengulangan shalat yang dilakukan setelah melaksanakan shalat, tetapi ternyata belum mandi wajib setelah berhubungan intim atau jika seseorang lupa bacaan saat shalat.

Mandi junub wajib dilakukan setelah berhubungan intim agar dapat melaksanakan ibadah seperti shalat atau puasa.

BACA JUGA: Jangan Pernah Lakukan Perbuatan Ini! Ustadz Adi Hidayat: Pahala akan Hilang, Neraka Tempatnya

Namun, bagaimana jika seseorang melaksanakan shalat tanpa mandi wajib usai berhubungan intim? Apakah sholat tersebut sah atau tidak? Inilah penjelasan Ustadz Abdul Somad.

Menurut UAS, shalat tidak akan sah jika dilakukan dalam keadaan berhadas besar, termasuk dalam keadaan junub. Dalam niat mandi wajib, ada kalimat yang menyatakan niat untuk menunaikan sholat, oleh karena itu mandi wajib setelah junub adalah suatu kewajiban.

BACA JUGA:Menurut Ustadz Adi Hidayat Penyakit Ini Lebih Bahaya dari Kanker, Bisa Rugi Dunia Akhirat

Niat untuk mandi wajib setelah berhubungan suami istri biasanya berbunyi:

"Nawaitul ghusla lifraf'il hadatsil akbar minal janabat fardhol illahi ta'aala."

Artinya: "Dengan menyebut nama Allah, aku berniat mandi untuk menghilangkan hadats besar dari janabah, fardhu karena Allah ta'aala."

Jika seseorang sudah melaksanakan shalat tanpa mandi wajib, shalat tersebut harus diulang. Pengulangan shalat ini disebut sebagai shalat I'adah.

BACA JUGA:STOP Bicara Saat Wudhu, Ini Kerugiannya Menurut Ustadz Adi Hidayat

Shalat I'adah dapat dilakukan setelah mandi wajib atau junub.

Dalam Islam, terdapat tiga jenis shalat yakni Shalat Ada'an (sholat yang dilakukan dengan benar), sholat Qadha (mengganti sholat yang tertinggal), dan shalat I'adah (pengulangan sholat).

Shalat I'adah adalah bentuk pengulangan shalat yang dilakukan saat seseorang lupa mandi wajib usai berhubungan intim atau dalam kondisi junub.

BACA JUGA:Buah Tetangga Masuk Perkarangan Rumah, Bolehkah Diambil? Ustadz Adi Hidayat: Ingat, Jangan Diqiyaskan

Demikianlah panduan mengenai shalat I'adah atau pengulangan shalat saat lupa mandi wajib usai berhubungan intim. Semoga informasi ini bermanfaat. (red)

Sumber: