Jalur Manna - Pagaralam Rawan Longsor, Pengendara Harus Hati hati, Ini Lokasinya

Jalur Manna - Pagaralam Rawan Longsor, Pengendara Harus Hati hati, Ini Lokasinya

SINGKIRKAN: Petugas BPBD Bengkulu Selatan menyingkirkan material longsor yang menutupi badan jalan penghubung Manna - Pagaralam-istimewa-raselnews.com

Plt. Kalaksa BPBD Bengkulu Selatan, Hen Yepi, S.Pi mengatakan, kondisi tumpukan material longsor merupakan tambahan atas bencana pertengahan November lalu.

Sebelumnya TRC BPBD telah melakukan penyiraman tanah bekas longsor serta membuang bagian batang pohon yang tumbang di tengah jalan.

BACA JUGA:Penyebab Jerawat dan Komedo, Sebum Ternyata Berguna Pada Kulit, Berikut Cara Mengatasinya

BACA JUGA:Kenali 5 Tanda Kerusakan Rambut dan Cara Mengatasinya, Cegah Untuk Hindari Kebotakan

“Evakuasi berlangsung lebih kurang selama enam jam. Kami telah menyambangi empat titik lokasi yang kembali ditimbun material longsor. Untuk saat ini, akses dari Kota Manna menuju Kawasan Ulu Manna hingga Kota Pagaralam Sumsel sudah normal kembali,” ujarnya.

Dikatakan Hen Yepi, kultur tanah di kawasan Ulu Manna yang terdiri dari bebatuan kapur dan lebih dominan perbukitan memang rentan terjadi longsor.

BACA JUGA:3 Shio yang Dikenal Baik Tapi Ternyata Bermuka Dua, Munafik

BACA JUGA:4 Warna Cat Rumah Baiknya Dihindari, Bisa Bikin Tak Nyaman dan Mata Lelah

Oleh karena itu, BPBD terus mengimbau masyarakat untuk berhati-hati ketika melewati area tersebut.

“Longsor di daerah Ulu Manna tidak mesti saat hujan turun. Kondisi panas bisa terjadi karena bagian tebing banyak retakan. Untuk saat ini, titik yang sangat rawan sudah kami beri tanda. Termasuk untuk rute yang selama ini memang langganan longsor,” jelasnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Bengkulu Selatan H. Rifai Tajuddin, S.Sos memastikan Pemkab Bengkulu Selatan akan terus mengupayakan perbaikan sektor lalu lintas khususnya di perbatasan Bengkulu Selatan - Sumsel.

BACA JUGA:5 Jenis Makanan Mengenyangkan Selain Nasi, Lezat dan Lebih Memuaskan

BACA JUGA:5 Shio Selalu Bahagia, Rezeki Datang Tak Terduga Dari Semua Arah, Mungkin Anda Orangnya?

Salah satu upaya yang ditembuh dengan membuat teras siring di kawasan tebing sehingga potensi longsor bisa dikurangi.

“Sejauh ini sudah belasan teras siring yang kami buat. Termasuk juga untuk jalan berliku yang sebelumnya sempit, kini sudah dilebarkan. Kami target, dalam tahuh depan akses menuju Kota Pagaralam semakin lancar,” ujar Rifai.

Sumber: plt. kalaksa bpbd bengkulu selatan