Bawaslu: 447 Lembar Surat Suara Pilpres yang Diterima KPU Bengkulu Selatan Rusak

Bawaslu: 447 Lembar Surat Suara Pilpres yang Diterima KPU Bengkulu Selatan Rusak

KPU Bengkulu Selatan mulai melipat dan menyortir surat suara Pilpres Pemilu 2024-andri irawan-raselnews.com

BENGKULU SELATAN, RASELNEWS.COM - Bawaslu BENGKULU SELATAN menemukan adanya 447 lembar surat suara Pilpres Pemilu 2024 dalam kategori rusak.

Temuan itu merupakan hasil pengawasan Bawaslu dalam proses pelipatan dan penyotiran terhadap 128.892 lembar surat suara Calon Presiden dan Wakil Presiden pada Pemilu 2024, yang dilakukan KPU Bengkulu Selatan.

BACA JUGA:KPU Bengkulu Selatan Gelar Sosialisasi dan Pendidikan Pemilih Pemilu 2024 di Kedurang Ilir

"Kerusakan itu dalam bentuk sobek, buram, berkerut. Ada pula bercak tinta. Ini tidak layak dan masuk kategori rusak," kata Anggota Bawaslu Bengkulu Selatan, M Arif Hidayat dilansir Raselnews.com dalam laman website resmi Bawaslu Bengkulu Selatan.

Dari pengawasan, Bawaslu menyebut ada 32 orang yang dilibatkan KPU dalam proses sortir dan lipat surat suara tersebut.

Arif pun meminta para petugas sortir untuk teliti dan cermat memerisak setiap lembar surat suara tersebut.

BACA JUGA:KPU Pastikan Gaji KPPS di Pemilu 2024 Naik 100 Persen Lebih, Ada Tunjangan Rp 36 Juta

Sementara itu, Kasubag Umum, Keuangan dan Logistik KPU Bengkulu Selatan, Anhar mengatakan, surat suara Pilpres yang rusak akan segera dilaporkan kepada KPU Provinsi Bengkulu untuk kemudian diganti.

"Total ada 128.892 lembar surat suara untuk pilpres yang kami terima. Jumlah itu sesuai DPT (daftar pemilih tetap) plus 2 persen. Memang saat sortir, sudah ada ditemukan rusak. Namun jumlahnya masih akan direkap," ujar Anhar kepada Raselnews.com.

BACA JUGA:KPU Bengkulu Selatan Butuh 4.088 KPPS Pemilu 2024, Pendaftaran 11-20 Desember, Berikut Syaratnya

Proses pelipatan surat suara Pilpres ini mulai dilakukan KPU Rabu, 13 Desember 2023. Sementara untuk surat suara calon DPD, DPRD RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota belum diketahui kapan akan diterima. (and)

Sumber: