Pengumuman! Pendaftaran Pengawas TPS Pemilu 2024 Dibuka, Bawaslu Bengkulu Selatan Butuh 584 Orang

Pengumuman! Pendaftaran Pengawas TPS Pemilu 2024 Dibuka, Bawaslu Bengkulu Selatan Butuh 584 Orang

Bawaslu Bengkulu Selatan-andri irawan-raselnews.com

BENGKULU SELATAN, RASELENWS.COM – Pendaftaran Pengawas Tempat Pemungutan Suara (TPS) untuk Pemilu 2024 segera dibuka.

Berdasarkan timeline yang diunggah Bawaslu Bengkulu Selatan (BS) akun instagram resminya, pendaftaran pengawas TPS akan dibuka dibuka 2 Januari 2024.

BACA JUGA:KPU Bengkulu Selatan Gelar Rakor Pemantapan Rekrutmen Calon KPPS Pemilu 2024

Anggota Bawaslu BS, M Arif Hidayat menyebut, mengacu timeline, sebelum pendaftaran dibuka, Bawaslu Bengkulu Selatan akan menyampaikan sosialisasi dan pengumuman yang dimulai 19-31 Desember 2023.

“Kalau melihat jadwal, pendaftaran dan penerimaan berkas dibuka selama 5 hari atau mulai 2 sampai 6 Januari 2024,” sebut Arif.

Di Pemilu 2024, Bawaslu Bengkulu Selatan membutuhkan 584 pengawas TPS. Kebutuhan itu sesuai jumlah TPS. Masih mengacu pada timeline, dalam rekrutmen ini, calon pengawas TPS hanya melalui 2 tahapan seleksi.

BACA JUGA:KPU Bengkulu Selatan Berikan Sosialisasi Pendidikan Pemilih Pemilu 2024 Segmen Perempuan di Kecamatan Pino

Pertama seleksi adminitrasi dan wawancara. Pengawas TPS sendiri dibentuk oleh Pengawas Kecamatan. Dimana, Panwaslu Kecamatan akan menetapkan Kelompok Kerja (Pokja) Pembentukan Pengawas TPS.

Pokja ini berjumlah paling sedikit lima orang anggota terdiri atas unsur anggota Panwaslu Kecamatan dan Sekretariat Panwaslu Kecamatan.

Secara umum adapaun syarat pengawas TPS diantaranya  berusia paling rendah 21 tahun, pendidikan minimal SLTA sederajat, berdomisili di wilayah kecamatan setempat, dan bukan anggota partai politik.

BACA JUGA:KPU Bengkulu Selatan Gelar Sosialisasi dan Pendidikan Pemilih Pemilu 2024 di Kedurang Ilir

Pendaftaran dan surat lamaran ditujukan ke Panwascam masing-masing wilayah dengan melampirkan dokumen yang dibutuhkan. Misalnya fotokopi KTP, pas photo setengah badan terbaru 4x6 sebanyak 2 lembar, dan fotokopi ijazah. (red)

Sumber: