Suzuki Pamer Moge GSX-S1000GX 2024, Sport Touring Adventure Baru dengan Mesin 4 Silinder

Suzuki Pamer Moge GSX-S1000GX 2024, Sport Touring Adventure Baru dengan Mesin 4 Silinder

Suzuki GSX-S1000GX 2024 -istimewa-tangkapan layar youtube mcn-motorcyclenews.com

RASELNEWS.COM - Suzuki merilis GSX-S1000GX 2024 yang merupakan moge baru MEREKA dengan genre sport adventure touring.

Hanya saja, motor dengan mesin 4 silinder ini baru mengaspal di pasar otomotif Eropa.

Moge baru Suzuki ini merupakan variasi dari produk moge naked terbaru mereka, yaitu Suzuki GSX-S1000.

BACA JUGA:Licah dan Irit, Suzuki Smash Fi Ultimate Edition Mulai Diperkenalkan

Mereka juga memiliki varian lainnya, Suzuki GSX-S1000GT, yang memiliki konsep Grand Touring, sedangkan GSX-S1000GX lebih cenderung pada varian sport adventure touring.

Jika GSX-S1000GT hadir untuk menantang Kawasaki Ninja 1000SX, GSX-S1000GX ini terjun ke dalam segmen yang memiliki cukup banyak pesaing, termasuk Kawasaki Versys 1000, Yamaha Tracer 9, dan BMW S1000XR.

Berbeda dengan V-Strom 1100SX yang dapat digunakan di dua jenis medan, S1000GX sepertinya ditujukan untuk touring di jalan aspal saja.

BACA JUGA:Januari 2024, Honda Scoopy Bermesin 125 CC Siap Mengaspal, Yamaha dan Suzuki Bakal Panik!

Namun, dari segi desain, motor ini tetap memiliki karakter petualangan yang kuat, termasuk postur tinggi dengan windshield yang juga tinggi, stang yang ergonomis lengkap dengan hand guard, dan jok tandem bertumpuk yang pastinya nyaman untuk perjalanan jauh.

Perbedaan utama antara S1000GT dan S1000GX terletak pada bagian wajahnya. S1000GT memiliki dual headlight projector yang disusun secara horizontal dan desain full fairing yang sporty.

Sedangkan S1000GX menggunakan model half fairing yang menonjolkan mesin 4 silinder yang gagah, dengan headlamp yang didesain berbeda, yaitu menggunakan model dual headlight projector LED yang disusun secara vertikal.

BACA JUGA:Suzuki Burgman Street 125 EX: Skutik Elegan, Dinamis dan Berteknologi Canggih, Cek Harganya di Sini

Adapun fitur-fiturnya, secara umum cukup canggih, termasuk panel speedometer berlayar TFT 6 inci berwarna yang dapat terkoneksi dengan smartphone melalui aplikasi yang dikembangkan oleh Suzuki, yang dapat menampilkan peta navigasi, hiburan beragam, dan panggilan telepon.

Keunggulan lain dari motor ini adalah penggunaan suspensi SFF-CA dari Showa, serta berbagai perangkat adaptif modern seperti SRAS, SVDC, SFRC, SDDC, semuanya merupakan fitur paten dari Suzuki.

BACA JUGA:Japan Mobility Show 2023: Suzuki Pamer Wagon R Berbahan Bakar Kotoran Sapi

Tambahan lagi, fitur throttle by wire membuat motor ini memiliki berbagai mode riding, serta sistem kontrol traksi dengan lima mode dan cruise control.

Selain perangkat-perangkat tersebut, pengendara juga mendapatkan quickshifter dua arah, bantuan RPM rendah untuk mencegah macet, dan tombol starter sekali sentuh.

Suspensi depan menggunakan upside-down dari KYB 43 mm, dan sistem pengereman dilengkapi dengan kaliper Brembo monobloc yang telah dilengkapi dengan sistem ABS canggih.

BACA JUGA:Suzuki V-Strom 250 SX, Motor Desain Sport Adventure, Siap Terabas Segala Medan

Dari segi spesifikasi mesin, GSX-S1000GX ini menggunakan mesin 999cc 4 silinder DOHC berpendingin cairan dan telah mematuhi standar emisi Euro-5.

Sumber: