5 Minuman yang Ampuh Menurunkan Kolesterol

5 Minuman yang Ampuh Menurunkan Kolesterol

5 Minuman yang Ampuh Menurunkan Kolesterol -istimewa-freepik.coma

RASELENEWS.COM - Kadar kolesterol yang tinggi dapat menghambat aktivitas sehari-hari karena dapat meningkatkan risiko terkena penyakit kardiovaskular dan stroke.

Khususnya, lonjakan tiba-tiba dalam kadar LDL dapat menjadi masalah serius. Oleh karena itu, bagi mereka yang memiliki masalah dengan kolesterol, penting untuk memilih dengan hati-hati makanan dan minuman yang mereka konsumsi.

BACA JUGA:7 Manfaat Buah Amla untuk Kesehatan

Berikut adalah 5 minuman yang terbukti dapat menurunkan kadar kolesterol tinggi, diambil dari berbagai sumber:

1. Air Lemon

Air lemon kaya akan vitamin C yang membantu menurunkan kadar kolesterol. Selain itu, kandungan antioksidan dan pektin (serat larut) dalam air lemon bermanfaat bagi kesehatan jantung.

Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi kulit lemon juga memberikan manfaat karena mengandung d-limonene yang dapat mengurangi kadar trigliserida.

BACA JUGA:8 Alasan Buah Strawberry Baik untuk Kulit Wajah dan Kesehatan Tubuh

2. Jus Apel

Jus apel direkomendasikan oleh pakar kesehatan karena mengandung fitokimia yang dapat mencegah oksidasi LDL atau kolesterol jahat.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa menambahkan 12 ons jus apel atau 12 ons apel utuh ke dalam diet harian selama enam minggu dapat meningkatkan asupan serat makanan, menunjukkan peningkatan aktivitas antioksidan dalam tubuh.

BACA JUGA:Belum Banyak Yang Tahu, Bumbu Dapur Ini Bisa Atasi Sawit Ngtrek, Buah Lebat Biaya Murah

Namun, sebaiknya hindari jus apel dalam kemasan karena dapat mengandung bahan tidak alami dan gula berlebih. Lebih baik pilih jus apel murni tanpa bahan pengawet atau pemanis buatan, atau buatlah jus apel sendiri.

3. Jus Wortel

Seperti jus apel, jus wortel kaya akan serat larut yang membantu mengikat kolesterol jahat dalam tubuh. Jus wortel juga mengandung tinggi vitamin C dan kalsium.

BACA JUGA:Mengapa Buah Durian Memiliki Aroma yang Menyengat?

Vitamin C sangat berperan dalam metabolisme kolesterol, memfasilitasi tubuh untuk menghilangkan kolesterol jahat.

Antioksidan kuat seperti betakaroten dalam jus wortel juga berfungsi mengurangi oksidasi LDL.

5. Teh Hijau

Studi yang dipublikasikan oleh Cochrane Library menunjukkan bahwa teh hijau dapat mengurangi risiko kardiovaskular dengan menurunkan kadar LDL.

BACA JUGA:Buah Durian Baik Bagi Ibu Hamil, Asam Folat Cegah Cacat Lahir Bayi, Tapi...

Konsumsi teh hijau satu hingga tiga cangkir setiap hari dikaitkan dengan risiko serangan jantung dan stroke yang lebih rendah.

Teh hijau mengandung antioksidan tinggi; lebih baik memilih teh hijau daun daripada yang sudah dikemas untuk memperoleh manfaat maksimal.

6. Jus Delima

Jus delima kaya akan antioksidan, seperti polifenol, yang dapat menurunkan risiko masalah kesehatan jantung dan kolesterol.

BACA JUGA:Semangka Densuke: Buah Hitam Asal Jepang Seharga Mobil, Mau Coba?

Jumlah antioksidan dalam jus delima tiga kali lipat lebih tinggi dari teh hijau atau anggur merah, menurut Mayo Clinic.

Asupan antioksidan yang tinggi dapat mengurangi risiko penyakit yang berkaitan dengan kolesterol dan kesehatan jantung secara signifikan. (red)

Sumber: