Tol Trans Sumatera Selesai Tahun Ini, Jambi - Sumsel - Bakauheni Cuma 6 Jam

Tol Trans Sumatera Selesai Tahun Ini, Jambi - Sumsel - Bakauheni Cuma 6 Jam

Tol Trans Sumatera-istimewa-youtube infrastruktur indonesia

RASELNEWS.COM - Pembangunan jalan tol Trans Sumatera sedang dipercepat, dengan target menghubungkan Provinsi Lampung dan Provinsi Jambi pada tahun 2024.

Bila selesai, maka jarak tempuh Jambi - Sumsel - Bakauheni hanya 6 jam. Bagaimana perkembangannya? Sebelum masa jabatannya berakhir di tahun ini, Presiden Jokowi telah mengintruksikan upaya pembangunan jalan tol di Sumatera semakin dipercepat.

Fokus pengerjaan diarahkan untuk menghubungkan jalan tol dari Lampung ke Jambi dengan total panjang mencapai 611,74 KM.

BACA JUGA:Mobil Tahun 2000-an Ini Sudah Diharga Rp 50 Juta, Dipakai Komunitas dan Pria Tangguh

Sebagian jalan tol yang telah selesai adalah dari Bakauheni hingga Keramasan Palembang.

Meskipun baru menghubungkan Provinsi Lampung dengan Sumatera Selatan, dampak ekonominya pembangunan tol trans sumatera sudah terasa signifikan di kedua provinsi tersebut.

Pergerakan orang dan barang meningkat, sementara sektor pariwisata semakin berkembang. Pengerjaan jalan tol saat ini difokuskan pada penyelesaian ruas tol Kayu Agung Palembang Betung di Provinsi Sumatera Selatan.

BACA JUGA:Dibayar Rp 300 Ribu Per Jam! Tugas Anda Cuma Menerjemahkan di Google Translate, Mau? Begini Caranya

Total panjangnya mencapai 111,7 km, dengan sebagian sudah selesai dari Kayu Agung hingga Keramasan, Palembang.

Pembangunan dari Keramasan ke Betung masih dalam proses, dengan seksi 2B mencapai progres konstruksi 76%, ditargetkan selesai pertama kali pada tahun 2024.

Sementara itu, seksi T dari Musi Landas ke Betung dalam tahap konstruksi dengan progres 60 persen.

Di Provinsi Jambi, pembangunan ruas jalan tol Bayung Lencir - Tempino seksi 3 sepanjang 15,47 KM juga sedang berlangsung. Progres konstruksi mencapai 47 persen, dan diharapkan selesai pada semester 2 tahun 2024.

BACA JUGA:Bingung Buka Usaha? Coba 8 Jenis Bisnis Ini, Dijamin Anti Rugi

Dengan percepatan pengerjaan proyek jalan tol di Sumatera Selatan dan Jambi, sebentar lagi tiga provinsi, yaitu Lampung, Sumatera Selatan, dan Jambi, akan terhubung melalui jalan tol pada tahun 2024.

Tersambungnya ketiga provinsi tersebut melalui jalan tol sumatera akan signifikan mengurangi waktu tempuh dari Jambi ke Bakauheni. Dari awalnya 12-14 jam, waktu tempuhnya akan dipangkas menjadi 6-8 jam saja.

Hal ini tidak hanya mempercepat perjalanan dari Jambi ke Bakauheni, tetapi juga diperkirakan akan memperpendek waktu tempuh ke Jakarta menjadi 10 jam.

BACA JUGA:Daftar Pajak Mobil Toyota Avanza Tahun 2024, Mana yang Paling Mahal? Cek Semua Tipe

Sumber: