Audit DD 2023, Inspektorat Kaur Mulai Turun ke Desa

Audit DD 2023, Inspektorat Kaur Mulai Turun ke Desa

Audit Dana Desa-istimewa-freepik.com

KAUR, RASELNEWS.COM - Inspektorat Kabupaten KAUR, Bengkulu mulai mengaaudit penggunaan Dana Desa (DD) tahun 2023. Audit dilakukan di setiap kecamatan yakni mengambil sampel 5 Desa setiap kecamatan.

Inspektur Inspektorat Kaur, Harika SE menyebut, pengambilan sampel yang mereka lakukan lebih cepat dibandingkan dengan jadwal sebelumnya karena untuk mengejar waktu sebelum pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) Februari 2024.

BACA JUGA:Polemik Lahan Plasma PT DSJ di Kaur Begejolak Lagi, Ratusan Petani Gelar Unjuk Rasa, Tuntutannya Tak Main Main

"Sekarang baru pengambilan sample saja, akan ada 5 desa yang kami ambil di setiap kecamatan," ujarnya, Selasa 23 Januari 2023.

Total akan ada 75 desa yang akan diaudit oleh Inspektorat Kaur. Audit reguler ini memang tidak dilakukan di seluruh desa, mengingat waktu yang cukup terbatas.

Inspektorat hanya memilik waktu 30 hari untuk melaksanakan audit. Untuk itu, hanya desa yang dianggap beresiko saja yang dipilih untuk dilakukan audit.

BACA JUGA:APDESI 2 Kecamatan di Kaur Sepakat Jalin Kerjasama dengan FORWAMAS

"Yang dilakukan saat ini hanya pemeriksaan beberapa kegiatan saja. Kalau ditemukan kejanggalan, maka tim akan langsung terjun langsung ke desa," terang Harika.

Inspektorat belum bersedia membeberkan desa mana saja yang masuk dalam kriteria beresiko.

Sebab hingga saat ini, di beberapa kecamatan pengambilan sample memang masih sedang berlangsung.

BACA JUGA:Pemkab Kaur Gelar Mutasi, 76 Pejabat Bergeser, Ini Daftar Namanya

Seperti  Selasa 23 Januari 2024 tim sedang melakukan pengambilan sample di Kecamatan Kaur Selatan.

"Untuk hasil sementara belum ada, usai pengambilan sample nanti baru akan kami sampaikan desa mana saja yang masuk kriteria beresiko," sampai Harika.

Sementara itu, Camat Kaur Selatan, Renra Agung, S.STP, M.PSSp mengaku telah diminta langsung dari Inspektorat untuk memfasilitasi pengambilan ataupun pemeriksaan yang dilakukan oleh pihak Inspektorat.

Sumber: