Bukan Sekedar Sayur, Ini 6 Manfaat Labu Siam Bagi Kesehatan, Cegah Serangan Penyakit Ini

Bukan Sekedar Sayur, Ini 6 Manfaat Labu Siam Bagi Kesehatan, Cegah Serangan Penyakit Ini

manfaat labu siam-istimewa-

RASELNEWS.COM - Labu siam merupakan sayuran yang populer dan serbaguna dalam berbagai hidangan, seperti sayur lodeh, tumis, oseng, dan lainnya.

Namun, selain citarasanya yang lezat, labu siam juga memiliki beragam manfaat kesehatan yang luar biasa dan bisa mencegah bahkan menurunkan serangan beberapa penyakit.

Berikut 6 manfaat labu siam bagi kesehatan yang perlu Anda ketahui:

BACA JUGA:Meski Bermanfaat Bagi Kesehatan, Namun 7 Kelompok Ini Dilarang Minum Air Kelapa Muda, Ini Alasannya

1. Menurunkan Kolesterol dan Mengontrol Gula Darah

Labu siam mengandung 14 persen serat yang dapat menurunkan kadar kolesterol tinggi dan mengontrol gula darah pada penderita diabetes.

Serat tidak larut dalam labu siam membantu pergerakan usus menjadi lebih baik serta membantu mengeluarkan racun dari tubuh.

2. Membantu Asam Urat

Labu siam kaya akan vitamin C yang tidak hanya meningkatkan sistem kekebalan tubuh tetapi juga membantu mencegah penumpukan kristal penyebab asam urat dalam aliran darah.

BACA JUGA:Kaya Antioksidan, Ini Manfaat Biji Bunga Matahari Bagi Kesehatan

Selain itu, kandungan vitamin B kompleks, terutama B5 dan B6, membantu meningkatkan kemampuan tubuh dalam menyerap cairan.

3. Meningkatkan Kinerja Ginjal dan Hati

Tingginya kandungan asam folat dalam labu siam membantu mengatasi kerusakan pada organ tubuh, meningkatkan kinerja ginjal dan hati, serta membantu proses penyaringan asam urat dari darah.

4. Mengurangi Pembentukan Asam Urat

Magnesium yang terkandung dalam labu siam merupakan mineral alkali yang dapat menurunkan pembentukan asam urat dalam tubuh, termasuk dalam kasus asam urat akut.

BACA JUGA:Minum Kopi Sebelum Olahraga Baik untuk Kesehatan, Ada 4 Manfaat Tersembunyi yang Harus Kamu Tahu

5. Mengandung Flavonoid

Daun labu siam mengandung flavonoid yang dapat membantu menurunkan kadar asam urat dalam tubuh, memberikan alternatif aman untuk mengelola kondisi ini.

6. Sifat Diuretik

Sumber: