Gerhana Matahari, Kapan Terjadi Lagi di Indonesia? Berikut Jadwalnya Seluruh Dunia

Gerhana Matahari, Kapan Terjadi Lagi di Indonesia? Berikut Jadwalnya Seluruh Dunia

jadwal gerhana matahari total yang akan terjadi lagi-istimewa-tangkapan layar youtube razwa outdoor

RASELNEWS.COM - Istilah Gerhana matahari tentu tidak asing lagi. Fenomena matahari Total 8 April 2024 ini sempat menggelapkan wilayah Amerika Serikat, Meksiko, hingga Kanada.

Lalu, kapan fenomena alam serupa terjadi lagi dan dapat dirasakan warga Indonesia?

Diketahui Gerhana Matahari Total terjadi apabila Bulan berada pada posisi sejajar di antara Matahari dan Bumi.

BACA JUGA:Tega! Wanita Berhijab Ini Tipu Nenek Penjaga Foto Kopi, Aksinya Dikecam Netizen

Pada saat peristiwa alam tersebut, piringan Matahari tertutup seluruhnya oleh Bulan, akibatnya menghasilkan bayangan penuh yang disebut umbra di Bumi tentu ini sudah kita pelajari sejak duduk dibangku SD.

Peluang mengamati fenomena ini juga hampir kurang dari satu kali seumur hidup. Saat Gerhana Matahari Total, siang akan berubah menjadi malam hari.

Beberapa bintang dan planet juga terlihat. Suhu udara pun akan mengalami penurunan. Hal ini karna pergerakan aktif mulai dari Matahari, Bumi dan Bulan.

BACA JUGA:Hati-hati Jika Bertemu dengan Orang Sifat Ini, Lebih Baik Menjauh

Gerhana matahari meskipun langka, tetapi tetap dapat diprediksi waktu tepat nya akan muncul saat fase bulan baru sesuai dengan hitungan para ahli.

Nah bila mengacu pada sistem Tata Surya, terjadi yang namanya revolusi Bumi, yaitu ketika Bumi akan berputar mengelilingi Matahari.

Dalam perputaran itu akan ada suatu waktu ketika Bumi berpapasan dengan Bulan dan Matahari, kejadian itulah yang disebut Gerhana Matahari.

BACA JUGA:Ingat! Layanan Perpanjangan SIM Mati Saat Libur Lebaran Hanya Berlaku 5 Hari, Dimulai 16 April

Dengan kata lain, Gerhana Matahari tidak akan terjadi di satu tempat, melainkan berpindah-pindah tergantung Matahari, Bulan, dan Bumi dalam posisi sejajar di mana akan terjadi gerhana

Dikutip dari berbagai informasi, tahun ini masih ada peristiwa gerhana, tepatnya Gerhana Matahari cincin yang akan terjadi pada 2 Oktober nanti namun sayangnya tak dapat dinikmati dari Indonesia. Kecuali anda berpindah ke negara di Chili dan Argentina yang akan menikmati penomena itu.

BACA JUGA:Pilkada Bengkulu Selatan Mulai Diramaikan Banyak Figur, Ini Dia Daftarnya

Namun bila kita berbicara Gerhana Matahari Total, itu baru akan terjadi lagi pada 12 Agustus 2026 mendatang. Amir Caspi selaku ilmuwan utama di Southwest Research Institute, mengatakan Gerhana Matahari Total akan melintasi Greenland, Islandia, Spanyol, Rusia, dan sebagian wilayah Portugal.

Namun menariknya Indonesia akan merasakan momen Gerhana Matahari Total lagi setelah terakhir kali berlangsung pada 2016.

Akan tetapi tentu harus bersabar, sebab fenomena alam itu berlangsung 18 tahun lagi dihitung dari sekarang. Jadi tentu belum semua pembaca akan dapat menikmati penomena itu.(jul)

BACA JUGA:Ini Rahasia Aki Motor Awet, Tidak Habis Bertahun-Tahun

Jadwal Gerhana Matahari Total Berikutnya di Seluruh Dunia:

- 12 Agustus 2026 : Greenland, Islandia, Spanyol, Rusia, dan sebagian wilayah Portugal

- 2 Agustus 2027 : Spanyol, Maroko, Aljazair, Tunisia, Libia, Mesir, Sudan, Arab Saudi, Yaman, dan Somalia.

Sumber: