Diserang Nyamuk, Ratusan Sapi Mati, Pemilik Ternak Diimbau Pasang Kelambu

Diserang Nyamuk, Ratusan Sapi Mati, Pemilik Ternak Diimbau Pasang Kelambu

Sapi mati akibat diserang nyamuk-istimewa-raselnews.com

BENGKULU SELATAN, RASELNEWS.COM - Ratusan ekor sapi mati. Usut punya usut hewan ternak milik warga ini mati akibat nyamuk, yang ternyata tidak hanya berbahaya bagi manusia.

Kematian ini membuktikan jika nyamuk juga berbahaya bagi hewan. Seperti yang terjadi di Kabupaten Merauke Provinsi Papua Selatan, ratusan sapi milik warga mati akibat digigit nyamuk.

BACA JUGA:Warga Desa Talang Padang Temukan Sesuatu di Perut Sapi yang Dimutilasi

Berdasarkan data yang dihimpun Pemda setempat, jumlah sapi warga mati karena digigit nyamuk mencapai 138 ekor. Kasus kematian hewan ternak tersebut tersebar hampir di seluruh wilayah Kabupaten Merauke.

Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Merauke telah melakukan tindakan menyikapi hal tersebut. Sudah dibentuk tim di wilayah masing-masing untuk mendata sapi yang mati, serta melakukan pencegahan agar korban serangan nyamuk tidak terus bertambah.

BACA JUGA:BREAKING NEWS: Pencuri Sapi Beraksi Didesa Talang Padang, Modusnya Dengancara Mutilasi, Tinggal Tersisa Perut

Tim juga sudah mengambil sampel darah ternak yang mati akibat serangan nyamuk. Sampel darah tersebut akan dibawa ke laboratorium untuk diperiksa. Hal itu untuk mengetahui secara pasti penyebab kematian ratusan sapi.

Agar kasus kematian sapi akibat serangan nyamuk tidak terus meluas. Pemilik ternak diimbau melakukan upaya pencegahan, seperti memberi vitamin dan obat, hingga memasang kelambu di kandang sapi agar hewan ternak aman dari gigitan nyamuk. (yoh)

Sumber: