Catat! Berikut Amalan-amalan Sunnah di Bulan Dzulhijjah, Yuk Perbanyak Pahala

Catat! Berikut Amalan-amalan Sunnah di Bulan Dzulhijjah, Yuk Perbanyak Pahala

Amalan-amalan Sunnah di Bulan Dzulhijjah-istimewa-freepik.com

RASELNEWS.COM - Bulan Dzulhijjah adalah salah satu dari empat bulan haram atau bulan suci yang dimuliakan oleh Allah Subhanahu Wa Ta'ala. Selain Dzulhijjah, bulan haram lainnya adalah Zulkaidah, Muharram, dan Rajab.

Bulan Dzulhijjah juga dikenal dengan sebutan bulan haji karena pada bulan ini terdapat kewajiban haji bagi yang mampu melaksanakannya.

Sementara bagi yang tidak mampu, dianjurkan untuk memperbanyak amalan-amalan sunnah. Berikut adalah beberapa amalan sunnah yang dapat dilakukan di bulan Dzulhijjah:

BACA JUGA:Bolehkah Panitia Mengambil dan Memasak Daging Kurban? UAS dan Buya Yahya Tegas

1. Melaksanakan Puasa Sunnah dari Tanggal 1 hingga 9 Dzulhijjah

Umat Islam, baik yang berhaji maupun yang tidak berhaji, disunnahkan untuk berpuasa dari tanggal 1 sampai 7 Dzulhijjah. Niatnya adalah:

Nawaitu sauma syahri Dzulhijjah sunnatan lillahi ta'ala yang artinya sSaya berniat puasa sunnah di bulan Dzulhijjah karena Allah Ta'ala.

Jika tidak bisa berpuasa pada tanggal tersebut, dianjurkan untuk berpuasa pada tanggal 8 atau 9 Dzulhijjah. Puasa pada tanggal 8 Dzulhijjah dinamakan puasa Tarwiyah dengan niat:

BACA JUGA:Anda Jadi Panitia Kurban? Ketahui 5 Larangan Panitia Kurban, Jangan Jadi Dosa!

"Nawaitu sauma Tarwiyah sunnatan lillahi ta'ala yang artinya saya berniat puasa sunnah Tarwiyah karena Allah Ta'ala.

Puasa pada tanggal 9 Dzulhijjah disebut puasa Arafah, disunnahkan bagi yang tidak sedang melaksanakan ibadah haji, dengan niat:

Nawaitu sauma Arafah sunnatan lillahi ta'ala yang artinya saya berniat puasa sunnah Arafah karena Allah Ta'ala.

2. Memperbanyak Dzikir

Memasuki awal bulan Dzulhijjah, kaum muslimin dianjurkan untuk memperbanyak dzikir, terutama pada sepuluh hari pertama bulan ini.

BACA JUGA:Jangan Salah Niat! Berikut 5 Larangan Bagi Orang yang Berkurban

Allah Subhanahu Wa Ta'ala berfirman dalam Surah Al-Hajj Ayat 28 "Wayarzuqhu kurus mala via Yamin maklumat."

Menurut Ibnu Abbas, yang dimaksud dengan "ayam maklumat" adalah sepuluh hari pertama di bulan Dzulhijjah. Dzikir yang dianjurkan di antaranya adalah takbir, tahlil, tahmid, serta membaca ayat-ayat suci Alquran.

3. Shalat Idul Adha

Shalat Idul Adha dilaksanakan pada tanggal 10 Dzulhijjah. Hari ini memiliki keutamaan luar biasa karena pada hari ini berkumpulnya berbagai jenis ibadah: shalat, puasa, sedekah, dan haji.

Sebelum melaksanakan shalat Idul Adha, umat Islam diwajibkan membersihkan diri dan pakaiannya dari debu, kotoran, maupun najis agar ibadah diterima oleh Allah Subhanahu Wa Ta'ala.

BACA JUGA:Shalat Dhuha di Waktu Ini Menurut Ustadz Adi Hidayat Pahalanya Setara Ibadah Haji dan Umroh

Dianjurkan juga untuk tidak makan sebelum shalat Idul Adha, terutama bagi yang memiliki hewan kurban, agar bisa makan dari hasil sembelihannya.

4. Melaksanakan Ibadah Qurban

Sumber: