Waspada Stroke Menyerang, Kenali Penyebab dan Cara Mendeteksinya

Waspada Stroke Menyerang, Kenali Penyebab dan Cara Mendeteksinya

Tanda awal penyakit stroke yang perlu diwaspadai-Istimewa-IST, Dokomen

Stroke hemoragik atau pecahnya pembuluh darah disebabkan oleh kondisi seperti hipertensi yang tidak terkontrol, aneurisme, penggunaan obat antikoagulan seperti warfarin, cedera kepala berat, dan gangguan pembekuan darah.

BACA JUGA:Waspada, Diare dan ISPA Bisa Muncul di Musim Pancaroba, Ini Gejala dan Pencegahannya!

Faktor risiko stroke meliputi usia, riwayat keluarga atau genetik, hipertensi, kebiasaan merokok, konsumsi alkohol, berat badan tidak ideal, kurangnya aktivitas fisik, kolesterol tinggi, diabetes, dan obesitas.

Gejala stroke bervariasi tergantung bagian otak yang terkena, namun tanda yang paling umum meliputi kelemahan atau kelumpuhan mendadak pada satu sisi tubuh, kesulitan bicara, gangguan penglihatan mendadak, kesulitan berjalan, kehilangan keseimbangan, sakit kepala hebat diikuti muntah, dan penurunan kesadaran.

BACA JUGA: Bahaya Hipertensi, Penyakit Mematikan Secara Diam-diam, Kenali Gejala dan Penanganannya

Metode mudah untuk mendiagnosis stroke adalah dengan singkatan FAST: Face (penurunan wajah), Arm (kelemahan lengan), Speech (kesulitan bicara), dan Time (waktu untuk menghubungi medis darurat).

Pengobatan stroke tergantung pada jenisnya.

Untuk stroke iskemik, pengobatan fokus pada pemulihan aliran darah dengan obat trombolitik seperti tPA, antikoagulan, atau antiplatelet seperti aspirin.

BACA JUGA:TBC Ternyata Bisa Menyerang Kulit, Ginjal dan Tulang Belakang, Cek Penyebab, Gejala, dan Pengobatannya

Prosedur medis seperti trombektomi mekanis dan pemasangan stent juga bisa dilakukan.

Untuk stroke hemoragik, pengobatan berfokus pada pengendalian perdarahan dan mengurangi tekanan darah pada otak dengan obat penurun tekanan darah, prosedur bedah seperti klipping aneurisme, dan operasi kraniotomi.

Pencegahan stroke meliputi mengontrol tekanan darah, mencegah peningkatan gula pada pasien diabetes, mengontrol kolesterol, menerapkan pola hidup sehat, menghindari rokok dan alkohol, menjaga berat badan ideal, dan mengelola stres.

BACA JUGA:Usia Muda Tak Luput Terkena Diabetes, Kenali Gejala dan Cara Mencegahnya

Pencegahan adalah kunci utama dalam menghadapi penyakit stroke.(man)

Sumber: