Jumlah Sampah Masuk TPA Bertambah 2 Kali Lipat, DLHK Bengkulu Selatan Usulkan Truk Amrol

Jumlah Sampah Masuk TPA Bertambah 2 Kali Lipat, DLHK Bengkulu Selatan Usulkan Truk Amrol

Kabid Kebersihan DLHK Bengkulu Selatan, Yovi Apriani-andri hementro-raselnews.com

BENGKULU SELATAN, RASELNEWS.COM - Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) BENGKULU SELATAN berupaya meningkatkan efektivitas proses penimbunan sampah di Tempat Pembuangan Akhir (TPA).

Langkah ini diambil setelah pihak DLHK tidak memprediksi akan pepeningkatan tonase sampah yang mencapai dua kali lipat dibandingkan tahun sebelumnya, oleh karena itu diperlukan upaya penyeimbangan antara jumlah sampah dan alat-alat penimbunan sampah.

BACA JUGA:Jumlah Sampah Masuk TPA Bertambah, DLHK Bengkulu Selatan: Ini Kabar Baik

Kabid Kebersihan DLHK Bengkulu Selatan, Yovi Apriani, menyebut pihaknya akan mengusulkan penambahan satu unit mobil truk amrol pengangkut sampah, sebab dengan kondisi sampah yang meningkat mengakibatkan tidak lancarnya pengangkutan sampah-sampah yang sudah menumpuk di kontainer.

"Untuk tahun ini ada beberapa yang kami usulkan termasuk kontainer dan truk amrol pengangkut sampah, karena sekarang mobil amrol yang ada cuman satu buah dan itupun kondisinya sudah tidak layak jalan lagi," ungkap Yovi.

Selain penambahan armada, DLHK juga merencanakan penambahan anggaran untuk Bahan Bakar Minyak (BBM) guna mendukung operasional alat berat yang digunakan dalam penimbunan sampah.

BACA JUGA:Masyarakat Kaur Keluhkan Sampah dan Limbah Tambak Udang, Komisi: I Kita Cari Solusinya

Yovi mengakui saat ini anggaran BBM belum mengalami penambahan, sehingga diperlukan pengusulan dalam anggaran tahun ini untuk memastikan alat berat dapat beroperasi dengan optimal.

"Minyak alat berat untuk melakukan pekerjaan meratakan sampah belum dilakukan penambahan di anggaran sebelumnya, kemudian untuk anggaran BBM sudah kami usulkan untuk mendapatkan penambahan. Karena kalau sampah belum diratakan dengan sempurna jadi untuk penimbunan belum efektif," beber Yovi.

Di sisi lain, pihaknya juga mengungkapkan untuk menjaga keamanan para pekerja baik di TPA ataupun yang bertugas mengumpulkan sampah-sampah di wilayah Bengkulu Selatan, pihaknya mengusulkan perlengkapan alat keselamatan tambahan, agar terhindar dari berbagai hal-hal yang tidak diinginkan.

BACA JUGA:DLHK Bengkulu Selatan: Ya Allah Miskinan dan Sengsarakan Orang yang Buah Sampah di Sini

"Karena kita tidak tahu benda apa saja yang ada di tumpukan sampah itu, bisa saja terdapat benda tajam seperti pecahan kaca, jadi kita juga mengusulkan perlengkapan alat keselamatan seperti sepatu, sarung tangan dan sebagainya," sebut Yovi. (cw1)

Sumber: