Festival Ayiak Manna Kembali Digelar, Ada Pentas Seni Budaya Hingga Lomba Rakit Hias, Ini Rundown Lengkapnya

Festival Ayiak Manna Kembali Digelar, Ada Pentas Seni Budaya Hingga Lomba Rakit Hias, Ini Rundown Lengkapnya

Festival Ayiak Manna 2024 di Kabupaten Bengkulu Selatan-istimewa/sugio aza putra-raselnews.com

BENGKULU SELATAN, RASELNEWS.COM - Festival Ayiak Manna yang dipelopori Dinas Pariwisata Kabupaten BENGKULU SELATAN kembali digelar. Rangkaian acara dimulai hari Senin, 22 Juli 2024 sampai Selasa, 23 Juli 2024. Seluruh acara dipusatkan di Pantai Pasar Bawah.

Beragam kegiatan akan ditampilkan dalam Festival seni budaya tahunanan itu. Ada pentas seni budaya hingga lomba hias rakit. Kekayaan budaya adat istiadat Bumi Sekundang Setungguan akan ditampilkan di acara tersebut.

BACA JUGA:Wanita asal Bengkulu Selatan Justru Ditangkap di Arena Tabut, HP OPPO Jadi Barang Bukti

Berdasarkan rundown acara yang sudah disusun panitia. Festival Ayiak Manna dimulai Senin, 22 Juli pukul 07.00 WIB diawali open gate pembukaan, dilanjutkan dengan penyambutan tamu adat. Kemudian acara pembukaan secara resmi.

Setelah itu ditampilkan pagelaran seni berejung, prosesi lemang tapai, perlombaan rakit hias, lomba lagu daerah, lomba mancing. Kemudian sore hingga malam diteruskan acara musik kolosal, fashion show batik sekundang, dan diakhiri dengan pentas seni budaya.

BACA JUGA:Optimalkan PAD, Minimarket di Bengkulu Selatan Bakal Dikenakan Pajak Parkir

Kemudian pada Selasa, 23 Juli dilanjutkan acara senam germas, pembagian doorprize, pembagian hadiah perlombaan, dan pukul 09.30 WIB dilanjutkan acara penutupan.

Kepala Dinas Pariwisata Bengkulu Selatan, H. Rendra Febrianto, S.S, M.Si mengatakan, Festival Ayiak Manna merupakan agenda tahunan yang sudah dilaksanakan secara rutin.

Tujuan acara tersebut adalah untuk menyediakan wadah dalam pelestarian budaya dan kesenian daerah. Serta menjadi momentum mendorong pertumbuhan UMKM lokal dan mempromosikan wisata daerah.

BACA JUGA:Dinas Dikbud dan BPMP Turun Lapangan, Pastikan PPDB di Bengkulu Selatan Berjalan Sesuai Aturan

"Kami mengajak semua masyarakat untuk hadir menyaksikan festival ayiak manna. Acaranya akan seru, menampilkan budaya dan kesenian khas daerah yang juga dipadukan dengan gaya modern. Mari datang ke Pantai Pasar Bawah, saksikan Festival Ayiak Manna, gratis," ajak Rendra. (yoh)

Sumber: