Faktor Penyebab dan Cara Mengatasi Wajah Kusam yang Membuat Wajah Tampak Lebih Tua

Jumat 04-10-2024,12:04 WIB
Reporter : Andri Irawan 01
Editor : Andri Irawan 01

RASELNEWS.COM - Wajah kusam bisa disebabkan oleh berbagai faktor, salah satunya adalah penumpukan sel kulit mati. Hal ini membuat kulit terlihat tidak sehat, lebih tua, dan tampak lelah.

Selain itu, penumpukan sel kulit mati juga menyebabkan kulit menjadi kering, teksturnya kasar, bersisik, serta warna kulit tidak merata.

Tetapi jangan khawatir, karena wajah kusam dapat dicegah dan diatasi dengan langkah-langkah tertentu untuk mengangkat sel kulit mati.

BACA JUGA:Putih Telur Sangat Baik untuk Perawatan Wajah, Begini Cara Membuat Masker Putih Telur

Lalu, apa saja penyebab penumpukan sel kulit mati? Berikut beberapa faktornya:
Faktor Usia

Dalam kondisi normal, regenerasi sel kulit berlangsung setiap 14-28 hari. Namun, seiring bertambahnya usia, proses regenerasi kulit melambat. Oleh karena itu, perlu bantuan suplemen atau perawatan kulit untuk mendukung regenerasi ini.
Faktor Iklim

Selain faktor usia, lingkungan dan iklim juga mempengaruhi penumpukan sel kulit mati. Polusi udara dan paparan sinar matahari dapat menyebabkan kotoran menempel di kulit, yang berkontribusi pada munculnya kulit kusam dan garis halus.

BACA JUGA:8 Manfaat Es Batu untuk Wajah, Dari Mencerahkan Hingga Mengatasi Jerawat

Pembersihan Wajah yang Kurang Optimal

Debu, kotoran, dan makeup yang menempel pada wajah akibat aktivitas sehari-hari juga dapat memicu penumpukan sel kulit mati. Oleh karena itu, pastikan kamu membersihkan wajah dengan benar untuk mengurangi risiko jerawat dan komedo.

Berikut 6 cara untuk mengangkat sel kulit mati, baik secara alami maupun menggunakan bahan kimia:

1. Rutin Melakukan Double Cleansing

Double cleansing adalah metode pembersihan wajah dua tahap. Tahap pertama menggunakan pembersih makeup seperti cleansing oil atau balm, dan tahap kedua dengan sabun wajah.

BACA JUGA:6 Ekspresi Wajah Istri yang Sedang Berselingkuh, Suami Wajib Tahu

Ini membantu membersihkan kulit secara menyeluruh, terutama jika kamu sering menggunakan makeup atau beraktivitas di luar ruangan.

2. Eksfoliasi Wajah

Eksfoliasi dapat dilakukan secara alami atau dengan bahan kimia (produk yang mengandung bahan aktif). Lakukan 1-2 kali seminggu dan tingkatkan frekuensinya secara bertahap.

Eksfoliasi rutin membantu mengangkat sel kulit mati, mencerahkan kulit, dan mencegah jerawat.

BACA JUGA:4 Tanda Kolesterol Tinggi di Wajah yang Tidak Boleh Diabaikan, Jangan Sampai Menyesal

3. Menggunakan Baking Soda

Baking soda dapat digunakan sebagai bahan alami untuk mengangkat sel kulit mati. Caranya, campurkan 1-2 sendok teh baking soda dengan air hingga membentuk pasta, oleskan ke wajah, diamkan, lalu bilas.

Jangan lupa untuk menggunakan pelembap setelahnya.

4. Menggunakan Masker Wajah Secara Rutin

Kategori :