Penting Diketahui! Inilah Risiko Mengonsumsi Es Kopi Susu Gula Aren Setiap Hari

Sabtu 19-10-2024,19:17 WIB
Reporter : Andri Irawan
Editor : Andri Irawan

RASELNEWS.COM - Es kopi susu gula aren kini semakin digemari masyarakat Indonesia. Kombinasi espresso, susu segar, dan gula aren cair menciptakan rasa manis yang menggugah selera.

Banyak orang menyukai minuman ini karena rasanya yang lezat dan teksturnya yang lembut. Namun, penting untuk lebih berhati-hati, terutama jika minuman ini menjadi konsumsi harian.

Dengan meningkatnya popularitas es kopi susu gula aren, banyak kafe di Indonesia berlomba-lomba menawarkan variasi minuman ini dengan harga yang terjangkau.

BACA JUGA:7 Cara Meracik Kopi Agar Lebih Sehat dan Nikmat Diminum

Meski tampak menyenangkan, kebiasaan mengonsumsinya setiap hari dapat memberikan dampak negatif bagi kesehatan.

Kandungan gula dan kalori yang tinggi dalam minuman ini bisa berdampak buruk jika tidak diimbangi dengan pola makan sehat dan aktivitas fisik yang cukup.

Waspadai Tingginya Kandungan Kalori dan Gula

Salah satu hal yang perlu diwaspadai dari es kopi susu gula aren adalah tingginya kalori dalam setiap sajian.

Rata-rata, satu gelas es kopi susu gula aren mengandung sekitar 150-180 kalori, belum termasuk gula aren tambahan sebanyak 3-4 sendok makan yang bisa meningkatkan kalori hingga 370 kalori.

BACA JUGA:Konsumsi Kafein dari 3 Gelas Kopi Sehari Bisa Bikin Jantung Sehat

Untuk membakar kalori tersebut, tubuh memerlukan aktivitas fisik yang cukup intens, seperti berlari atau bersepeda.

Konsumsi kalori yang berlebih secara terus-menerus bisa menyebabkan penambahan berat badan, terutama jika tidak disertai dengan aktivitas fisik yang memadai.

Risiko ini semakin besar jika minuman tersebut ditambah bahan-bahan seperti krimer, yang menambah jumlah kalori.

Dampak Negatif Konsumsi Gula Aren Berlebihan

Walaupun gula aren dianggap lebih sehat dibandingkan gula pasir biasa karena memiliki indeks glikemik lebih rendah, konsumsi yang berlebihan tetap berisiko.

BACA JUGA:Bibir Sering Kedutan? Bisa Jadi Tanda Penyakit Ini, Penikmat Kopi Hati-hati

Indeks glikemik rendah memang menunjukkan bahwa gula aren tidak cepat menaikkan kadar gula darah, namun jika dikonsumsi dalam jumlah besar, dampaknya tetap dapat berbahaya, seperti meningkatkan risiko tekanan darah tinggi dan diabetes.

Gula berlebih memaksa tubuh untuk memproduksi lebih banyak insulin, hormon yang mengatur kadar gula darah.

Jika produksi insulin ini berlangsung terlalu sering, tubuh bisa mengalami resistensi insulin, yaitu kondisi di mana tubuh tidak lagi merespons insulin dengan baik, sehingga kadar gula darah tetap tinggi. Hal ini dapat meningkatkan risiko diabetes tipe 2.

BACA JUGA:Dokter Ini Sebut Ada Kopi Berbahaya Bagi Kesehatan, Baiknya Dihindari, Biasanya Disajikan di Kafe

Pengaruh Terhadap Insulin dan Risiko Diabetes

Konsumsi es kopi susu gula aren secara rutin dapat memengaruhi kerja hormon insulin dalam tubuh. Insulin membantu menyerap gula dari darah ke sel tubuh, yang kemudian diubah menjadi energi.

Konsumsi gula yang tinggi seperti dalam es kopi susu gula aren membuat tubuh harus terus memproduksi insulin dalam jumlah besar.

Produksi insulin berlebih dapat mengganggu keseimbangan hormon dalam tubuh, dan dalam jangka panjang menyebabkan resistensi insulin.

BACA JUGA:Cara dan Syarat Gadai HP di Pegadaian, Mudah dan Cepat, Siapkan Fotokopi KTP

Kategori :