Persiapan Mutasi, Ratusan Pejabat Diassesment

Persiapan Mutasi, Ratusan Pejabat Diassesment

RASELNEWS.COM, BENGKULU SELATAN - Untuk mengetahui kompetensi setiap pejabat khususnya eselon III di lingkungan Pemkab Bengkulu Selatan (BS), rencananya Pemkab BS akan melakukan assessment kompetensi pada Senin dan Selasa pekan depan, atau 1 dan 2 November 2021.

Rencananya assessment kompetensi ini akan diikuti 145 pejabat eselon III a dan IIIb di lingkungan Pemkab BS. Asessment kompetensi ini melibatkan langsung assessor dari Unib. “Sesuai ketentuan setiap pejabat dalam menempati posisi jabatan harus diasessment, untuk waktu dekat ini khusus eselon III,” ujar Kepala BKPSDM BS H, Minarman SH.

Dikatakan Minarman, dari seluruh pejabat eselon III yang ikut asessement tersebut dibagi tiga kelompok. Hari pertama diikuti dua kelompok dan hari kedua diikuti satu kelompok. Untuk pelaksanaan dilakukan di aula BPKAD BS.

Peserta assessment akan mengikuti uji kompetensi teknis dan psikotes. “Semua penguji melibatkan asessor dari Unib, dari materi yang diujikan untuk tahapan wawancara ditiadakan,” terang Minarman.

Menurut Minarman, asessment kompensi ini idealnya dilakukan setiap dua tahunan, sekaligus bahan evaluasi pejabat. “Dalam aturan UU ASN, masa ketentuan assessment maksimal dua tahun. Untuk di BS, semua pejabat eselon wajib mengikuti assessment ulang, meskipun yang dulu pernah ikut karena sudah lebih dua tahun,” terang Minarman.(one)

Sumber: