APRI Diminta Tekan Pernikahan Dini

APRI Diminta Tekan Pernikahan Dini

RASELNEWS.COM, KAUR - Asosiasi Penghulu Republik Indonesia (APRI) Kabupaten Kaur diharapkan dapat membantu program pemerintah dalam menekan angka pernikahan dini. Hal ini disampaikan Bupati Kaur H Lismidianto SH MH usai mengukuhkan pengurus cabang APRI Kaur masa bhakti 2021-2025 di aula Kemenag Kaur, Rabu (29/12) lalu.

“Harapan saya kepada para penghulu yang tergabung dalam APRI ini dapat menekan angka pernikahan dini dan juga perceraian. Jika menemukan ada pernikahan yang belum cukup umur untuk juga diberikan nasehat dan saran,” kata bupati dalam sambutannya.

Selain itu, Bupati juga berharap agar para penghulu yang baru dikukuhkan untuk memberikan pemahaman kepada pengantin. Jika ada data salah satu pengantin yang masih lulusan SD dan SMP agar diberi saran untuk ikut kejar paket. Juga dengan dikukuhkannya kepengurusan APRI Kaur ini, diharapkan dapat selaras untuk mewujudkan visi misi Kabupaten Kaur Berseri (Bersih, Sejahtera, Enerjik, dan Religius.

“Sekali lagi saya ucapkan selamat kepada pengurus APRI yang telah dilantik, semoga dapat menjalankan tugasnya dengan baik, mengemban amanah yang telah diberikan dengan tanggung jawab,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Kementerian Agama Kaur Mansyahri, S.Ag MHI dalam sambutannya menjelaskan, terbentuknya ARPI merupakan amanah dari PP Nomor 17 Tahun 2020 dan PMA Nomor 7 Tahun 2020 yang menegaskan setiap jabatan fungsional wajib memiliki satu organisasi profesi mandiri.

Ia berharap dengan adanya APRI ini di Kaur, para penghulu semakin solid, semakin aktif dan kreatif, serta semakin baik dalam melaksanakan tugas dan fungsinya melayani masyarakat. “Kami berharap agar APRI Kabupaten Kaur ini dapat eksis sebagai organisasi profesi penghulu yang kedepannya dapat menjadi wadah menampung aspirasi dan mengembangkan profesi penghulu,” tutupnya.(jul)

Sumber: