Bangunan Tak Terawat, Mesin Sudah Tua ; Dewan Prihatin Kondisi PDAM Tirta Manna

Bangunan Tak Terawat, Mesin Sudah Tua ; Dewan Prihatin Kondisi PDAM Tirta Manna

RASELNEWS.COM, BENGKULU SELATAN - Ketua DPRD BS Barli Halim dan Waka I Juli Hartono, SE bersama Komisi II, merasa prihatin dengan kondisi PDAM Tirta Manna.

Saat berkunjung ke satu-satunya BUMD yang aktif tersebut, para wakil rakyat melihat banyak bangunan yang tidak terawat, mesin operasional yang sudah tua, dan teknologi yang digunakan masih “kuno” dibanding PDAM daerah lain yang sudah lebih modern.

“Kami pernah kunjungan ke PDAM di daerah Sumatera Selatan. Mesinnya bagus dan modern, tidak seperti ini (mesin yang digunakan PDAM Tirta Manna),” kata Anggota Komisi II DPRD BS, Drs. Yunadi.

Saat berkeliling meninjau lingkungan dan fasilitas PDAM Tirta Manna, rombongan dewan terkejut melihan tanki penyaringan air yang terkesan asal. Sebab penyaringan sangat terbuka dan penjagaan juga tidak terlalu ketat. Sangat rawan jika ada orang iseng memasukkan zat berbahaya di mesin penyaringan. Risikonya bisa meracuni seluruh pelanggan PDAM.

“Ini sebetulnya rawan. Kalau disini dimasukkan sesuatu yang berbahaya, bisa keracunan semua pelanggan PDAM. Mestinya lebih tertutup dan dijaga secara ketat agar pasokan air ke pelanggan terjamin,” sentil Ketua DPRD Barli Halim saat meninjau kondisi mesin PDAM Tirta Manna, Jumat (31/12/2021).

Dari keterangan pegawai senior PDAM Tirta Manna, mesin yang dipakai memang sudah tua, kolam penampungan dan pipa air juga sudah lama tidak diperbarui. Tak heran pipa berkarat dan bocor. Namun PDAM Tirta Manna tetap berupaya memberi pelayanan prima kepada pelanggan meski dengan kondisi seadanya.

Direktur PDAM Tirta Manna, Iwan Kurwantoro, berharap dukungan DPRD membenahi BUMD penyalur air bersih tersebut. Iwan optimis kedepannya PDAM bisa semakin baik jika didukung penuh Pemda dan DPRD BS. “Kami tentunya sangat berharap dukungan DPRD agar kedepannya PDAM ini bisa semakin baik lagi,” tuntas Iwan. (yoh)

Sumber: